Pemilik Kendaraan Listrik Tahun 2024, Ada Hal Penting Yang Wajib Anda Ketahui

Iklan

terkini

Pemilik Kendaraan Listrik Tahun 2024, Ada Hal Penting Yang Wajib Anda Ketahui

, Tuesday, June 18, 2024 WIB Last Updated 2024-06-18T03:48:48Z
Ilustrasi/Moladin.com

Sumber: Tak Semua Kendaraan Listrik Dapat Subsidi, Ini Alasannya! | KlikLegal
DUNIAOBERITA - Pengguna kendaraan listrik, termasuk sepeda motor listrik, wajib mengetahui masa pakai atau umur dari baterai kendaraan mereka. 

Umumnya, pabrikan memberikan kisaran umur baterai dalam jangka waktu tahun. Sebagai contoh, baterai listrik bisa mencapai masa terbaiknya dalam tiga tahun. Namun, sebenarnya umur baterai lebih tepat dihitung berdasarkan jumlah siklus pengecasan atau "cycle life".

Cycle life adalah istilah untuk jumlah pengecasan yang bisa dilakukan sebelum kemampuan baterai berkurang atau hilang. Direktur Marketing PT International Chemical Industry (ABC Lithium), Hermawan Wijaya, menjelaskan bahwa penggunaan jangka waktu tahun dipilih agar lebih mudah dimengerti oleh konsumen. Namun, teori cycle life yang lebih akurat membutuhkan pengujian laboratorium, bukan hanya di lapangan.

Sebagai contoh, baterai NCM memiliki cycle life 1.000 kali dan baterai LFP 2.000 kali. Jika keduanya dicas penuh hingga 100 persen dan dipakai sampai 80 persen, maka cycle life dihitung dari berapa kali pengisian ulang sampai kapasitasnya turun ke 80 persen. 

Hermawan menyarankan penggunaan metode watt hour use untuk menghitung usia baterai secara akurat, meskipun metode ini lebih kompleks dan sulit dimengerti.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemilik Kendaraan Listrik Tahun 2024, Ada Hal Penting Yang Wajib Anda Ketahui

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x