Soal Perang Iran-Israel, Paus Fransiskus Meminta Cukup Perang dan Cukup Serangan

Iklan

terkini

Soal Perang Iran-Israel, Paus Fransiskus Meminta Cukup Perang dan Cukup Serangan

, Sunday, April 14, 2024 WIB Last Updated 2024-04-14T15:50:07Z
DUNIAOBERITA.COM - Paus Fransiskus menekankan pentingnya bagi Iran dan Israel untuk menghindari langkah-langkah yang bisa memicu lebih banyak kekerasan di Timur Tengah. 

Mengutip Reuters, menyatakan keprihatinannya atas serangan Iran terhadap Israel dalam sebuah buletin pada Minggu (14/4/24) lalu.

"Saya dengan sepenuh hati mengusulkan permohonan untuk menghentikan tindakan apa pun nan dapat memicu kekerasan nan berisiko menyeret Timur Tengah ke dalam bentrok nan lebih besar," kata Paus, dikutip dari CNN Indonesia 

Menurut Paus, tidak ada satupun nan boleh menakut-nakuti kehidupan di negara lain. Termasuk, Israel dan Palestina.

"Tidak seorang pun boleh menakut-nakuti keberadaan negara lain. Sebaliknya, semua negara kudu mendukung perdamaian, dan membantu Israel dan Palestina untuk hidup di dua negara, berdampingan, dengan aman," ujarnya.

Paus juga menyerukan gencatan senjata di Gaza dan negosiasi untuk memungkinkan bantuan kemanusiaan diberikan kepada rakyatnya. 

Paus juga meminta agar sandera Israel yang ditangkap oleh Hamas dalam serangan pada 7 Oktober terhadap Israel segera dibebaskan. Selain itu, Paus meminta agar kekerasan di mana pun dihentikan.

"Cukup perang, cukup serangan, cukup kekerasan. Ya untuk berdialog, ya untuk perdamaian," katanya.

Hubungan Iran dan Israel sekarang memanas. Garda Revolusi Iran (IRGC) melepaskan serangan pesawat nirawak (drone) hingga roket ke Israel pada Sabtu (13/4) malam.

Tindakan tersebut merupakan reaksi atas serangan mematikan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah, Senin (1/4/24) lalu.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Soal Perang Iran-Israel, Paus Fransiskus Meminta Cukup Perang dan Cukup Serangan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x