Survei Terbaru November: Capres Ini Unggul di Jabar dan Jatim

Iklan

terkini

Survei Terbaru November: Capres Ini Unggul di Jabar dan Jatim

, Friday, November 10, 2023 WIB Last Updated 2023-11-10T06:46:10Z
DUNIAOBERITA.COM -

Hasil survei Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres 2024 di Pulau Jawa telah dirilis.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi teratas dengan angka 40%.

Berdasarkan hasil survei Lanskap, Prabowo-Gibran unggul atas dua pasangan lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Di posisi puncak bertengger teratas adalah pasangan Prabowo-Gibran dengan memperoleh 40,0 persen. Ganjar di posisi kedua dengan memperoleh 34,3 persen, sementara Anies-Muhaimin memperoleh 20,0 persen,” kata Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Thoha, Rabu (8/11/2023), dilansir dari detikNews.

Thoha mengatakan ada sejumlah alasan soal tingginya elektabilitas yakni Prabowo dinilai menjadi sosok yang mengajak generasi muda untuk berkolaborasi membangun negara.

Penampilan Prabowo juga dinilai menjadi daya tarik elektoral.

“Jadi dipandang sebagai tokoh yang representatif konsolidasi Prabowo-Jokowi, arus pemilih Jokowi yang loyal dan lintas partai akan semakin deras mengalir ke Paslon ini. Ada pengakuan dan kebijaksanaan Prabowo kepada generasi muda untuk ikut serta terlibat berkolaborasi dalam membangun negara bangsa melalui politik atau alih generasi,” ujarnya.

“Nah tampilan personal Prabowo dalam sosok yang sopan santun, ramah, terbuka, merangkul dan lenih Egaliter dinilai juga mendatangkan daya tarik elektoral yang kuat,” tambahnya.

Dia merinci, Prabowo-Gibran mendominasi di Jawa Barat (Jabar) sebesar 50,7% dan Jawa Timur (Jatim) sebesar 40,4%.

Sementara Anies-Cak Imin unggul di Jakarta dengan dukungan sebesar 34,1%. Lalu Ganjar-Mahfud unggul di Jawa Tengah (Jateng) dengan 58,1%.

“Namun, paslon Prabowo-Gibran berhasil memperoleh dukungan sebesar 30,1%. Probabilitas angka elektabilitas ini akan terus meningkat di Jawa Tengah,” katanya.

Dia mengatakan mengatakan pasangan Prabowo-Gibran juga paling berpotensi mendapatkan suara dari Gen Z, Gen Y (milenial), Gen X, dan Baby Boomers.

“Seperti kita ketahui kelompok usia Gen Z dan Gen Y (milenial) mendominasi DPT Pemilu 2024,” katanya.

“Di samping faktor Gibran sebagai bagian dari generasi Y (milenial), faktor Prabowo sendiri juga menjadi magnet politik bagi generasi muda tersebut, di mana saat ini ia jauh lebih terbuka, ramah, sopan santun, merangkul dan jauh lebih bijaksana dibandingkan masa lalu,” tambah dia.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Survei Terbaru November: Capres Ini Unggul di Jabar dan Jatim

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x