Cara Mengetahui Handphone Kita Telah Di Hack Orang Serta Solusinya

Iklan

terkini

Cara Mengetahui Handphone Kita Telah Di Hack Orang Serta Solusinya

, Monday, April 15, 2024 WIB Last Updated 2024-04-15T12:24:11Z
DUNIAOBERITA.COM - Mungkin Anda pernah mengalami dihack orang atas barang elektronik Anda khususnya handphone pribadi. 

Nah untuk mendeteksi apakah handphone Anda telah di-hack oleh seseorang tidak selalu mudah, tetapi ada beberapa tanda yang dapat Anda perhatikan. 

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda mengetahui apakah handphone Anda telah di-hack:

1. Kinerja yang buruk

Apabila handphone Anda tiba-tiba mulai berjalan lebih lambat dari biasanya, mengalami peningkatan suhu yang signifikan, atau baterai cepat habis, mungkin ada program berbahaya yang berjalan di latar belakang.

2. Adanya penggunaan data yang tidak biasa

Apabila Anda melihat adanya peningkatan yang mencolok dalam penggunaan data Anda tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ada program jahat yang menggunakan koneksi internet Anda.

3. Aplikasi yang tidak dikenal

Lalu periksa daftar aplikasi yang terpasang di handphone Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda ingat mengunduh atau tidak dikenali, itu bisa menjadi tanda bahwa handphone Anda telah di-hack.

4. Adanya perubahan pengaturan yang tidak diinginkan

Apabila Anda melihat perubahan yang tidak diinginkan dalam pengaturan handphone Anda, seperti nada dering, wallpaper, atau pengaturan keamanan, ada kemungkinan bahwa handphone Anda telah diakses oleh pihak yang tidak sah.

5. Aktivitas yang mencurigakan

Selanjutnya bahwa apabila Anda melihat adanya pesan teks atau panggilan yang tidak Anda lakukan, atau jika teman-teman Anda melaporkan menerima pesan aneh dari nomor Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa handphone Anda telah diretas.

Oleh karenanya, apabila Anda mencurigai bahwa handphone Anda telah dihack, ada beberapa langkah yang segera bisa diambil: 

1. Segera Perbarui perangkat lunak
2. Periksa izin aplikasi
3. Scan dengan aplikasi keamanan
4. Ubah kata sandi
5. Factory reset.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengetahui Handphone Kita Telah Di Hack Orang Serta Solusinya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x