(Hoaks) Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDIP

Iklan

terkini

(Hoaks) Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDIP

, Thursday, March 09, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T14:55:40Z
(Foto : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo)

Kabar terkait Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sempat digadang-gadang sebagai salah satu calon dalam Pilpres 2024, dan namanya masih masuk dalam sejumlah survei politik tentang calon-calon presiden.

Dikabarkan bahwa sebuah unggahan muncul di Facebook pada 5 maret 2023 menyatakan Ganjar Pranowo mengundurkan diri sebagai kader PDI Perjuangan.

Unggahan itu serupa dengan video yang ditampilkan salah satu akun YouTube yang mengatakan Ganjar mengundurkan diri karena tidak dipilih menjadi calon presiden oleh PDI Perjuangan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“MENG3JUTKAN...!!! GANJAR AKH1RNYA BER4NI DENGAN KEPUTUS4NNYA”

(Foto : Hasil Tangkapan Layar)

Namun, benarkah bahwa Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDI Perjuangan.

Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, video berdurasi 10 menit tersebut tidak menyatakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengundurkan diri sebagai kader PDI Perjuangan.

Dalam unggahan tersebut, narator membacakan konten SEAWORD dengan judul ‘Merah Kuning Hijau Dilangit yang Biru untuk Ganjar Pranowo’. 

Artikel tersebut menuliskan mengenai dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menjadi capres-cawapres dalam Pemilu 2024.

Selain itu, video unggahan tersebut juga berisi kompilasi dari video yang pernah diunggah pada akun-akun media sosial yang lain. Salah satunya, potongan klip video tersebut serupa dengan unggahan YouTube Kompas TV berjudul ‘FX Rudy Senang PAN Dukung Ganjar Bakal Capres 2024’.

Sampil unggahan tersebut juga serupa dengan gambar dalam artikel Republika berjudul ‘PDIP Siap Hadapi Koalisi Besar dalam Pilkada’ yang berisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Semarang menyatakan kesiapannya untuk menghadapi koalisi besar pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015.

Dengan demikian, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul pada video tersebut. Hingga saat ini, diketahui status Ganjar Pranowo masih menjadi kader partai PDI Perjuangan.

Oleh : red duniaoberita 
Sumber : Antara 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • (Hoaks) Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDIP

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x