Skip to main content

BERITA TRENDING

Dilaporkan oleh Deolipa Yumara, Ronny Talapessy: Bharada E Orang Kecil

Jokowi Tunjuk Ahok Sebagai Menteri Perdagangan yang Baru, Cek Faktanya..

Kabar terkait adanya beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video dengan narasi dan thumbnail video yang menjelaskan tentang penetapan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Menteri Perdagangan yang baru di Kabinet Indonesia Maju periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi.

Narasi video tersebut pun bertuliskan:

viral ~ Jokowi tunjuk ahok menteri perdagang4n disingkirk4n dari istana”.

Foto : Hasil Tangkapan Layar 

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Minggu (31/7/2022), setelah video tersebut diputar, hal yang disampaikan bukanlah informasi terkait ditetapkannya Ahok sebagai Menteri Perdagangan, tetapi video tersebut hanya berisi potongan video dari beberapa video yang menjelaskan tentang kinerja Ahok serta beberapa kritikan, dan wawancara yang melibatkan Ahok.

Selain itu, melansir dari kompas.com, memang benar adanya penggantian Menteri Perdagangan pada kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dengan mencopot secara resmi Muhammad Lutfi dari jabatan sebagai Menteri Perdagangan. Dan melansir dari setkab.go.id, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024, ada dua menteri yang dilantik ialah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan serta Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait Ahok ditetapkan sebagai Menteri Perdagangan Baru pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu. (duniaoberita/Era)