Akhirnya Presiden Jokowi Beri Respon atas Tewasnya Brigadir Yosua di Rumah Irjen Sambo

Iklan

terkini

Akhirnya Presiden Jokowi Beri Respon atas Tewasnya Brigadir Yosua di Rumah Irjen Sambo

, Tuesday, July 12, 2022 WIB Last Updated 2022-07-12T11:32:53Z

Presiden Jokowi merespons insiden penembakan di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Tragedi nahas ini memakan korban, Brigadir Yosua meninggal dunia ditembak anggota Brimob Bharada E.

Jokowi memerintahkan Kapolri untuk tetap melanjutkan proses hukum.

“Proses hukum harus dilakukan,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7).


Pada Senin (11/7), Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan, awal mula penembakan Brigadir Yosua memasuki kediaman Irjen Sambo dan diduga melecehkan istri Ferdy Sambo, Putri.

Diketahui sebelumnya bahwa informasi yang dihimpun tim penyelidik, insiden penembakan terjadi Brigadir Nopransyah Yosua Hutabarat melecehkan istri Ferdy Sambo yaitu Ny Putri Ferdy Sambo.

Yosua diketahui masuk ke kamar istri Ferdy Sambo dan menodongkan pistol.

"Berdasarkan keterangan dan barang bukti di lapangan bahwa Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam dan melecehkan istrinya dengan menodongkan senjata,” kata Karopenmas Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Jakarta, Senin (11/7).

Menurut Ramadhan, motif Bharada E melakukan penembakan terhadap Brigadir J di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo adalah untuk membela diri.

“Ini pembelaan, jadi Bharada E melakukan pembelaan ketika mendapat ancaman dari Brigadir J dengan tembakan," jelasnya.

Ramadhan mengungkapkan kronologis peristiwa penembakan itu terjadi ketika Brigadir J memasuki kamar pribadi Kadiv Propam.

Peristiwa itu dilaporkan terjadi Jumat (8/7) sekitar pukul 17.00 WIB. Pada saat Brigadir J memasuki kamar tersebut, istri Kadiv Propam sedang berada di kamar sedang beristirahat.

“Kemudian Brigadir J melakukan tindakan pelecehan dan juga menodongkan dengan menggunakan senjata pistol ke kepala istri Kadiv Propam,” kata Ramadhan.

Menurut Ramadhan, saat kejadian istri Kadiv Propam sempat berteriak minta tolong yang membuat Brigadir J panik dan keluar dari kamar.

Teriakan tersebut didengar oleh Bharada E yang saat itu berada di lantai dua .

Lalu, lanjut dia, dari atas tangga dengan jarak kurang lebih 10 meter Bharada E sempat bertanya ada apa, namun dibalas dengan tembakan yang dilakukan oleh Brigadir J, hingga terjadi baku tembak.

“Akibat tembakan tersebut terjadi saling tembak dan berakibat Brigadir J meninggal,” kata Ramadhan.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akhirnya Presiden Jokowi Beri Respon atas Tewasnya Brigadir Yosua di Rumah Irjen Sambo

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x