Skip to main content

BERITA TRENDING

Akhirnya Terungkap Sosok Yang Ambil CCTV Rumah Sambo

Heboh! dua bupati ‘adu mulut’ soal pemekaran Provinsi Papua Tengah, Ada Apa?

Kabar terbaru terkait adanya rencana pemekaran wilayah di Papua hingga kini masih menjadi tarik ulur. Bahkan, dua bupati terlihat adu debat dalam rapat Panja Komisi II DPR RI bersama pemerintah kabupaten/kota di Papua

Dikabarkan bahwa rapat tersebut digelar di Hotel Horison Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Sabtu (25/6/2022).

Dalam kesempatan itu, terjadi adu argument antara Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Bupati Nabire, Mesak Magai. Namun, perdebatan yang kian panas itu akhirnya dipotong oleh Moderator Anggota DPR RI, Komarudin Watubun.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli, menyampaikan bahwa dalam rapat tersebut pihaknya menemukan masalah. Yakni, tarik ulur ibu kota Provinsi Papua tengah.

“Pertemuan ini masalah yang kami temukan di Papua Tengah terkait masalah ibu kota antara Mimika dan Nabire,” jelas Ahmad kepada awak media.

Namun demikian, dia meminta agar segera menyelesaikan persoalan itu secara baik. “Kita mendorong agar terjadi musyawarah mufakat antara mereka, agar jangan terbelah,” tandasnya.

Dikatakan Ahmad, sebaiknya kedua bupati itu berunding untuk memperoleh hasil yang bisa diterima dari kedua kabupaten.

“Misalnya ada 8 bupati mewakili masyarakatnya masing-masing, kemudian bisa berunding untuk mencapai kesepakatan, maka itu sangat baik sekali,” paparnya. (duniaoberita/lensa Indonesia)