Skip to main content

BERITA TRENDING

Heboh! Digugat Cerai Nathalie Holscher, Sule Berikan Jawaban Begini

Ahmad Dhani Persilakan Seluruh Musisi Indonesia untuk Cover Lagunya, Berikut Alasannya

Kabar mengejutkan datang dari seorang Ahmad Dhani mempersilakan seluruh orang di Indonesia untuk mencover lagu-lagunya di YouTube. Bahkan tanpa ijin terlebih dahulu.

"Jadi saya lebih seneng lagu saya di cover banyak orang, silahkan," katanya dalam sebuah video yang diungga oleh akun tiktok @papacelloproject, dikutip pada selasa (7/6/2022).

"Silahkan seluruh orang di Indonesia nyanyilah lagu cover, sebaik-baiknya sebagus-bagusnya," lanjutnya.

Dikabarkan bahwa saat ditanya soal perijinan ia menjawab tidak perlu ijin kalau untuk di YouTube.

"Kalau di youtube nggak perlu," katanya.

Lanjut ia menjelaskan karena di Youtube sudah ada sistem yang mengatur mengenai kebijakan hak cipta.

"Karena di Youtube sudah ada sistem dimana misalnya kamu nyanyi lagu (milik) Ahmad Dhani di Youtube udah langsung ke klaim oleh publiser saya di Youtube," ungkapnya.

Untuk diketahui, Berdasarkan laman resmi pusat bantuan Youtube, disana tercantum mengenai peraturan batasan penggunaan musik atau lagu di youtube.

Jadi pemegang hak cipta dapat menentukan batasan-batasan penggunaan karyanya oleh orang lain. Diantaranya monetesasi yakni iklan akan tetap muncul dalam video yang memuat karya pemegang hak cipta.

"Terkadang, pemegang hak cipta dapat memilih untuk membagikan sebagian dari pendapatannya kepada Anda. Meskipun kebijakan ini berlaku, video dapat tidak tersedia di mana saja atau di semua perangka," tulis keterangan.

Kemudian ada juga pemblokiran pencantuman karya di seluruh dunia atau di beberapa wilayah. Dengan kata lain pemegang hak cipta tidak mengijinkan pihak lain menggunakan karyanya.

Sontak, video itu pun mendapat ragam komentar dari warganet.

"Pantesan jarang ada yang cover lagunya AD," ujar akun @haria***.

"Ini yang akan bikin seniman Indonesia jadi fokus bikin karya," kata akun @mas***.

"Ya setuju emang. System Youtube kan juga mementingkan penciptaan lagu juga. Ini 100% valid sih. Gue juga ngalamin sebagai admin youtube salah satu youtuber cover," ungkap akun @art***.

"Iya sekarang otomatis langsung kena copyright bahkan cuma beberapa bait saja langsung kena," kata akun @tik***. (duniaoberita/suara)