Skip to main content

BERITA TRENDING

Ganjar Pranowo Buka Suara Usai Ada Isu Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri

Warga Dilarang Masuk Gereja Gara-gara Pakai Sandal Jepit, Akhirnya Terbongkar Penyebabnya

Kabar terbaru terkait sejumlah warga tidak diperbolehkan memasuki gereja di komplek Pangkalan Utama TNI AU (Lanud) Pattimura, Kota Ambon, pada Minggu (15/50/2022).

Dikabarkan bahwa larang masuk gereja tersebut rupanya hanya diberlakukan terhadap warga yang menggunakan sandal jepit.

Petugas TNI AU yang berjaga tepat di gerbang utama pintu masuk Lanud Pattimura, mencegah warga yang menggunakan sandal jepit untuk masuk gereja di komplek mereka.

Insiden adu mulut pun sempat terjadi akibat larangan tersebut. Warga tidak terima mereka tidak diperbolehkan masuk gereja hanya gara-gara menggunakan sandal jepit.

“Jadi tadi itu ada beberapa jemaat yang ke gereja. Mereka gunakan sepatu, tapi ada kelihatan jarinya lalu dilarang, tidak boleh, dan disuruh pulang,” kata salah satu jemaat gereja Patrik Kelmaskosu dikutip dari Kompas.com, Minggu (15/5/2022).

Ia mengaku, insiden pengusiran itu memantik emosi para jemaat lainnya hingga terjadi adu mulut dengan petugas.

“Itu yang bikin jemaat marah. Ini kan kita mau pergi ibadah, bukan mau pergi ke mereka (Lanud) punya kantor. Kalau mau (pergi) ke mereka punya kantor, okelah aturannya seperti itu. Tapi ini kan kita mau pergi ibadah,” ungkapnya.

“Itu kejadiannya tadi jam 8 waktu mau pergi ibadah jadi banyak jemaat yang disuruh pulang,” tambahnya.

Dia mengatakan, warga baru diizinkan beribadah di gereja tersebut setelah terjadi adu mulut selama beberapa jam dengan petugas. Aksi protes warga itu pun sempat viral di media sosial.

Terkait insiden itu, Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Andreas Dhewo menjelaskan bahwa pihak Lanud tidak pernah melarang warga untuk beribadah di gereja yang berlokasi di area Lanud Pattimura.

“Menanggapi kejadian tadi pagi, tepatnya di pos pintu masuk Lanud Pattimura dengan anggota Sat POM AU, kami ingin menyampaikan yang pertama tidak ada pihak Lanud Pattimura melarang warga beribadah di gereja yang terdapat di dalam area Lanud Pattimura,” ungkapnya saat memberikan keterangan pers di Lanud Pattimura, Minggu (15/5/2022) sore. (duniaoberita/Jabarnews)

Foto : Ilustrasi Gereja