Wajib Tahu Nih! Ternyata Ini yang Meningkatkan Kolesterol

Iklan

terkini

Wajib Tahu Nih! Ternyata Ini yang Meningkatkan Kolesterol

, Thursday, May 05, 2022 WIB Last Updated 2022-05-04T22:29:03Z

Kabar terkait hidangan lezat bersantan mudah sekali ditemukan saat lebaran dan kerap dikaitkan dengan risiko kolesterol naik. Padahal, sebenarnya bukan santan biang keroknya.

Foto : Ilustrasi /hasil tangkapan layar

Dikabarkan bahwa Dokter gizi dari RS Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, menjelaskan bahwa kolesterol tidak dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan. Karenanya, anggapan bahwa santan kelapa mengandung kolesterol sebenarnya tidak tepat.

Yang benar, kolesterol meningkat karena terlalu banyak menyantap masakan daging-dagingan yang dimasak dengan santan. Santan membuat masakan tersebut makin lezat, sehingga kadang kalap tidak bisa berhenti makan.

"Sumbangan kalori terbesar saat makan makanan hari raya adalah asupan lemak. Opor, rendang, dan sayur godog itu kan banyak lemaknya karena dimasak dengan santan," jelas dr Juwalita.

Dalam porsi yang tepat, lemak sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika berlebihan, maka salah satu risikonya adalah kolesterol meningkat.

"Waktu kita makan daging itu harusnya didampingi dengan serat sayuran entah itu acar atau lalap, karena serat dalam sayuran itu bisa menyerap kolesterol di makanan kita," saran dr Juwalita. (duniaoberita/winnetnews)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wajib Tahu Nih! Ternyata Ini yang Meningkatkan Kolesterol

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x