Mendapatkan Penghormatan, Pidato Presiden Jokowi Guncang di Amerika Serikat

Iklan

terkini

Mendapatkan Penghormatan, Pidato Presiden Jokowi Guncang di Amerika Serikat

, Friday, May 13, 2022 WIB Last Updated 2022-05-13T02:38:32Z

Kabar terbaru terkait Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyebut perang di Ukraina telah berdampak pada ekonomi dunia termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi.

"Perang di Ukraina menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa dan berdampak terhadap ekonomi global," kata Presiden seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden.

(Foto : Presiden Jokowi/Antara)

Jokowi dengan tegas mengungkapkan jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan dan unilateralisme dikedepankan, maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain, termasuk di Indo-Pasifik.

Presiden Joko Widodo mengajak AS untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas dan kerjasama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik.

"Sejak 2019, ASEAN telah menyepakati ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, memastikan keberlangsungan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Saya mengajak AS untuk terus menjadi bagian dari jangkar perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik," jelasnya.

Presiden Jokowi menilai ASEAN selama lebih dari 5 dekade menikmati perdamaian dan stabilitas.

Sekaligus negara ASEAN juga bekerja keras membangun arsitektur kawasan yang mengedepankan kerja sama.

"Paradigma win-win diperjuangkan, budaya dialog diperkokoh, kerja sama inklusif dikedepankan, dan hukum internasional dan nilai-nilai multilateral menjadi panglima," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mendapatkan Penghormatan, Pidato Presiden Jokowi Guncang di Amerika Serikat

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x