Skip to main content

BERITA TRENDING

Heboh! Digugat Cerai Nathalie Holscher, Sule Berikan Jawaban Begini

Habib Bahar Kembali Ngamuk di Persidangan, Ia Berdebat dengan Kiai

Kabar terbaru terkait Habib Bahar bin Smith lagi-lagi ngamuk di persidangan. 

Dikabarkan bahwa dalam sidang lanjutan kasus penyebaran kabar hoaks yang digelar PN Bandung Kelas IA pada Selasa (17/5) kemarin, Habib Bahar meledak sejadi-jadinya saat mendengarkan kesaksian Kiai Faisal Sobari perihal kasusnya tersebut.

Pasalnya, Habib Bahar tak yakin dengan isi kesaksian yang diungkapkan Kiai Faisal. Tanpa Tedeng aling-aling, ia mencecar pimpinan Ponpes Darussyifa, Garut itu dengan sejumlah pertanyaan mengenai agama.

Beberapa yang ditanyakan Habib Bahar antara lain soal pengetahuan keagamaan Faisal meliputi mazhab, mata pelajaran, hingga kitab yang dipakai dalam mempelajari atau mengajarkan agama.

“Saudara belajar apa saja saat sekolah? Mata pelajarannya apa saja?” tanya Bahar.

Kiai Faisal lantas menjawab, “Quran, hadis, shorof, balaghah, dan fiqih."

Keduanya kemudian terlibat dalam perdebatan mengenai kerumunan dalam kegiatan Maulid Nabi. Permasalahan inilah yang membawa Bahar ke dalam kasus pidana.

Di sini, Habib Bahar menerangkan sebuah prinsip dalam hukum fikih.

“Ada yang bagian dari sesuatu yakni memiliki hukum dan sebagian daripada sesuatu bisa berarti hukum dari semua,” terang Bahar.

“Jadi intinya begini maulid dan kerumunan, maulid itu juz’i nya jadi sebagian, keseluruhannya adalah kerumunan,” lanjutnya. (duniaoberita/Poskota)