3000 Pasukan Dayak Merah TBBR Kalteng 'Serbu' PT Mustika Sembuluh, Ada Apa?

Iklan

terkini

3000 Pasukan Dayak Merah TBBR Kalteng 'Serbu' PT Mustika Sembuluh, Ada Apa?

, Sunday, May 29, 2022 WIB Last Updated 2022-05-29T09:17:07Z

Kabar terbaru terkait adanya sejumlah Pasukan Dayak Merah TBBR bergabung dengan masyarakat Desa Pondok Damar membanjiri PT. Mustika Sembuluh yang berlokasi di kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Siang kemarin (27/5).

Dikabarkan bahwa aksi ini menarik perhatian publik karena seorang anggota Pasukan Dayak Merah TBBR membagikan moment tersebut di sosial media TikTok pada akun @ojerdayak.

Video yang sudah ditonton sebanyak 6,2 juta kali tersebut menunjukkan rombongan pasukan Dayak Merah TBBR yang diperkirakan berjumlah 3000 orang tengah berusaha masuk ke kawasan PT. Mustika Sembuluh yang dihalangi oleh para polisi.

"3 ribuan Pasukan Merah TBBR Kalteng dikerahkan untuk menuntut keadlian bagi masyarakat adat Dayak di Desa Pondok Damar Kotim yang dizholimi oleh PT. Mustika Sembuluh/Sawit (Wilmar Grup)," dikutip dalam video yang beredar.

Sempat terjadi keributan karena pihak kepolisian membuat pagar hidup untuk menghentikan pergerakan massa, namun akhirnya berhasil dilewati setelah melakukan kesepakatan yang dibagikan di video lainnya.

"Siapa yang jamin ini tidak akan anarkis?" Tanya pihak kepolisian.

"Kami semua, asal jangan dipancing," jawab seorang perwakilan Pasukan Dayak Merah TBBR dengan yakin.

Diketahui aksi tuntutan tersebut dilakukan karena PT. Mustika Sembuluh belum merealisasikan perkebunan plasma sebesar 20 perseb bagi masyarakat sekitar sesuai dengan pasal 11 Permentan No.26/Permentan/01.140/2/2007 tentang pedoman perizinan usaha perkebunan. (duniaoberita/suara)

Foto : Salah satu gambar ilustrasi pasukan merah/tangkapan layar/tempo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 3000 Pasukan Dayak Merah TBBR Kalteng 'Serbu' PT Mustika Sembuluh, Ada Apa?

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x