Ukraina Minta Bantuan Indonesia

Iklan

terkini

Ukraina Minta Bantuan Indonesia

, Wednesday, April 06, 2022 WIB Last Updated 2022-04-06T09:23:03Z

Kabar terbaru datang dari Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengungkapkan Pemerintah Ukraina meminta bantuan kepada negara-negara lain termasuk Indonesia.


Dikabarkan bahwa permintaan itu, kata Retno, disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Emine.

Wamenlu Ukraina, menyampaikan kepada dirinya bahwa bahan pangan di Ukraina semakin menipis akibat perang.

"Demi kemanusiaan, Indonesia mempertimbangkan memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina," ujarnya.

Terkait dengan perang Ukraina-Rusia, Indonesia konsisten menyatakan bahwa perang harus segera dihentikan karena akan menyebabkan kondisi kemanusiaan makin memburuk.

"Jika perang tidak dihentikan, kondisi kemanusiaan di Ukraina makin memburuk. Saat ini ada 4,2 juta orang mengungsi ke luar Ukraina dan 6,5 juta pengungsi internal, serta jumlah korban jiwa makin besar," kata Menlu Retno dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/4/2022) dikutip dari Antara.

Dikatakan pula bahwa Indonesia berharap perundingan antara Rusia dan Ukraina perlu diintensifkan untuk mencari penyelesaian damai, gencatan senjata, dan perlu diberikan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, dia juga menyampaikan langkah aktif Indonesia dalam menjalin komunikasi dengan berbagai negara, termasuk Ukraina dan Rusia terkait kondisi perang di Ukraina.

"Saya bertemu dengan Wamenlu Ukraina di Doha pada tanggal 27 Maret 2022, bicara melalui telepon dengan Menlu Ukraina pada bulan Februari 2022. Saya bertemu empat mata dengan Menteri Lavrov (Menlu Rusia Sergei Lavrov) di Tunxi pada tanggal 20 Maret," katanya.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Menlu RI menyampaikan pokok-pokok pesan yaitu Indonesia konsisten untuk memegang prinsip penghormatan kedaulatan dan integritas wilayah. (duniaoberita/Era)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ukraina Minta Bantuan Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x