Skip to main content

BERITA TRENDING

Viral! Pendeta Gereja Toraja Buat Acara di Asrama Haji Makassar, Dipersoalkan?

Survei LSI: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Selain itu Ada Dua Partai Lain

Kabar mengejutkan terkait Lembaga Survei Independen (LSI) merilis hasil survei yang menunjukkan tingkat keterpilihan (elektabilitas) PDI Perjuangan mencapai 19,3%, disusul oleh Partai Gerindra dengan 12,2%, lalu Partai Demokrat dengan 11,3%.


Dikabarkan bahwa sedangkan PKB, Nasdem dan PKS elektabilitasnya lebih kecil dibandingkan perolehan pada Pemilu 2019 lalu. Sementara partai-partai baru elektabilitasnya pun masih dibawah 1%.

"Dari temuan ini bisa dilihat bahwa PDIP cukup mampu mengelola konstituen mereka dibanding partai-partai lain yang berada di pemerintahan," kata Direktur Riset LSI Fathur Rahman dalam keterangannya yang dikutip redaksi, Sabtu (23/4).

Sementara Partai Demokrat elektabilitasnya paling meningkat. Dari hasil survei LSI, kenaikan elektabilitas Partai Demokrat bisa dinilai sebagai bentuk apresiasi publik terhadap partai yang berada di luar pemerintahan dalam menyikapi kekecewaaan terhadap pengelolaan pemerintahan saat ini.

"Namun yang menarik, hasil temuan LSI diketahui masih terdapat 23,3% yang belum menentukan pilihan," kata Fathur.

Survei yang mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum ketika survei dilakukan, diambil dari 34 provinsi pada 7 April hingga 15 April 2022.

Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden. Dengan margin of error 3.05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode yang digunakan melalui wawancara dilakukan lewat telepon oleh tim survei LSI. (Source : rmoldkijakarta)