Skip to main content

BERITA TRENDING

Sebelum Meninggal Dunia, Alm Buya Syafii Maarif Berikan Pesan untuk Jenderal Andika

Pasukan Elite Bergerak Kepung Papua? Ada Apa?

Kabar terbaru terkait prajurit Batalion Infanteri Raider 600 Modang tengah disiapkan dalam penugasan mereka di Papua.

(Foto : Capture/antara)

Dikabarkan bahwa panglima Kodam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso berpesan kepada prajurit Batalion Infanteri Raider 600 Modang dalam penugasan ini jangan sampai ada kerugian personel maupun materiil yang disebabkan kelalaian dan kecerobohan sendiri.

"Gunakan ilmu dan latihan yang sudah diberikan untuk menyukseskan semua penugasan yang diberikan," tegas Mayjen Rumekso saat berada di markas komando mereka di Manggar, Kalimantan Timur, dikutip dari Antara, Kamis (28/4/2022).

Sementara, Komandan Batalion Infanteri Raider 600 Modang Mayor Infanteri Kurniawan H Arridho mengakui kesiapan personel, prajurit TNI juga didukung kesiapan peralatan perlengkapan sudah siap.

"Kami sudah siap melaksanakan tugas, sebagai personel prajurit maupun satuan," ungkap dia.

Seperti diketahui, prajurit raider termasuk sebagai pasukan infanteri elite.

Sesuai namanya, raider atau penyergap, pasukan ini membawa motto Cepat Senyap Tepat.

Seorang prajurit infanteri biasa dengan baret hijau harus menjalani sedikitnya enam bulan latihan di bawah komando pasukan khusus sebelum akhirnya berhak mengenakan baret hijau gelap raider.

Pasukan raider juga berkemampuan perang antiteror dan antigerilya.

Batalion Infanteri Raiders dibentuk pada 2004, saat masa kepemimpinan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu.

Setiap Kodam memiliki satu batalion ini, yang dilatih secara terintegrasi dan sangat intensif melalui program khusus pembentukan.

Satuan-satuan baru di tiap kodam itu masih ditambah beberapa Batalion Infanteri Raiders yang direkrut dari batalion infanteri Kostrad.

Adapun peresmian Batalion Infantri Raiders ini dilaksanakan di Jalan Benyamin Suaeb bekas landas pacu Bandara Internasional Kemayoran, Jakarta, pada Hari Bhakti Kartika TNI AD 2004.

Sebagian prajurit raider dari Batalion Infanteri 600 Modang ini juga berpengalaman latihan bersama tentara Angkatan Darat Amerika Serikat.

Pada 2021 mereka berlatih bersama dalam Operasi Garuda Shield 2021, berupa pendaratan pantai, di mana pasukan diturunkan dari perahu karet beberapa ratus meter dari pantai, dan mengendap-ngendap menuju daratan sebelum menyergap musuh yang tidak sadar sedang dikepung dan dibidik. (duniaoberita/GenPi)