Amerika Sorot Tewasnya 6 Laskar FPI

Iklan

terkini

Amerika Sorot Tewasnya 6 Laskar FPI

, Sunday, April 17, 2022 WIB Last Updated 2022-04-17T00:57:21Z

Kabar terbaru terkait Biro Demokrasi, HAM, dan Buruh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyorot kasus unlawful killing terhadap enam Laskar FPI oleh anggota Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Dikabarkan bahwa sorotan itu diungkap dalam dalam Laporan HAM Indonesia sepanjang tahun 2021 milik Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan Komnas HAM yang dikutip dalam laporan itu, kasus ini masuk kategori unlawful killing karena polisi melakukan pembunuhan terhadap empat Laskar FPI saat mereka sudah ditahan pihak kepolisian.

"Komisi menemukan bahwa polisi secara tidak sah membunuh empat anggota FPI yang sudah berada dalam tahanan polisi dan menyebut pembunuhan itu sebagai pelanggaran hak asasi manusia," bunyi laporan itu.

Laporan itu menyebut ada tiga anggota Polda Metro Jaya yang menjadi tersangka dalam kasus ini.

Namun, salah satu tersangka meninggal pada Januari 2021 sebelum diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Agustus 2021.

Terbaru, kedua polisi dinyatakan bersalah telah melakukan pembunuhan terhadap enam Laskar FPI.

Namun, Pengadilan memberikan vonis lepas dengan alasan tindakan itu dilakukan sebagai bentuk pembelaan.

Laporan Biro HAM Kemenlu Amerika Serikat juga memaparkan hasil temuan KontraS yang menyebut 16 kematian akibat siksaan dan penyerangan oleh aparat keamanan sepanjang Juni 2020 hingga Mei 2021.

"KontraS juga melaporkan 13 kematian akibat penembakan polisi pada periode yang sama," bunyi laporan tersebut. (duniaoberita/TribunPekanBaru)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Amerika Sorot Tewasnya 6 Laskar FPI

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x