Skip to main content

BERITA TRENDING

Sebelum Meninggal Dunia, Alm Buya Syafii Maarif Berikan Pesan untuk Jenderal Andika

Saifudin Minta Hapus 300 Ayat dalam Al-Quran, Romo Benny: Tidak Perlu Mengurusi Keyakinan Orang Lain

Kabar terbaru terkait Staf Khusus Ketua Dewan Pembina Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo angkat suara perihal polemik pernyataan pendeta Saifudin Ibrahim yang meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghapus 300 ayat Al-Qur’an.

Dikabarkan bahwa menurut Romo Benny, Saifudin tak memiliki pengetahuan untuk menyatakan hal tersebut.

Benny meyakini membaca kitab suci itu ada konteks sosial, politik, dan kebudayaan, sehingga tidak cukup dengan satu sudut pandang tertentu.

“Tidak bisa melihat secara literatur seperti itu,” kata Benny saat dihubungi JPNN.com (grup fajar), Kamis (17/3).

Rohaniwan Katolik itu berharap tokoh-tokoh agama di Indonesia tidak membuat pernyataan yang menggaduhkan.

Apalagi, orang tersebut berbicara tentang suatu agama tanpa memiliki ilmu pengetahuan yang mendalam.

“Tidak perlu mengurusi keyakinan orang lain, tidak berhak untuk menafsirkannya, apalagi tidak punya pengetahuan, kemampuan, dan bukan bidangnya,” kata Benny.

Benny juga sepakat dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut pernyataan Saifudin perbuatan menistakan agama.

“Saya setuju dengan Prof Mahfud MD. Saya dukung langkah Mahfud MD, supaya kita hidup beragama itu harus menjaga ketutuhan berbangsa,” kata Benny.

Benny juga mendukung Polri memeriksa Saifudin seperti saran Mahfud MD. Benny menganggap langkah seperti itu sudah tepat.

Menurut Benny, jangan sampai pernyataan sebagaimana disampaikan Saifuddin memecah persatuan dan keutuhan Indonesia.

“Lebih baik tokoh agama itu menjaga persatuan, keutuhan, dan selalu berkomentar sesuai dengan norma-norma yang berdasar ideologi Pancasila,” pungkas Romo Benny.

Sebelumnya, Saifudin Ibrahim telah mengklarifikasi pernyataanya perihal menghapus ayat Al-Qur’an. Saifudin mengeklaim pernyataannya itu tidak bermaksud untuk menista agama.

Mahfud MD sebelumnya meminta Polri menyelidiki tayangan video yang memperlihatkan seorang pria bernama Saifudin Ibrahim yang menimbulkan kegaduhan.

Mahfud menilai pernyataan Saifudin Ibrahim meresahkan dan memicu kemakaran banyak orang. (Fajar/JPNN/duniaoberita)