Skip to main content

BERITA TRENDING

Terbaru ! Jenazah Sri Mulyani Sudah Tiba di Rumah Duka Pagi Ini di Tangerang

Minta Dukungan Indonesia, Ukraina Ungkap Hal Mengejutkan

Kabar mengejutkan terkait Pemerintah Ukraina meminta dukungan dari Indonesia dalam menghadapi tekanan Rusia.

Dikabarkan bahwa permintaan dukungan ini melalui surat yang dikeluarkan Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta .

"Bangsa Indonesia! Anda adalah bangsa yang kuat dan gagah, Anda adalah pejuang kebenaran dan kebebasan, Anda adalah tulang punggung perdamaian dan keadilan di negara Anda yang bebas dan demokratis," kata pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kedubes Ukraina di Jakarta, Selasa 1 Maret 2022 malam.

"Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami," kata pernyataan itu seperti dilansirkan Antara.

Pemerintah Ukraina juga menyerukan agar Indonesia dan negara-negara lain di dunia mempertahankan sistem keamanan global dan prinsip hidup berdampingan secara damai serta prinsip pembangunan yang telah dipelihara dengan seksama oleh dunia pascatragedi Perang Dunia II.

"Kita tidak punya hak untuk tetap membisu. Jika terus begitu, maka kita tidak akan memiliki hari esok. Rakyat Indonesia, dukunglah kami. Merdeka atau mati!," demikian isi pernyataan tertulis yang disampaikan Kedubes Ukraina di Jakarta.

Seperti diketahui, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Selasa 1 Maret 2022 juga mendesak Uni Eropa untuk membuktikan mereka berpihak pada Ukraina dalam perang melawan Rusia.

"Uni Eropa akan lebih kuat bersama kami, pasti. Tanpa kalian, Ukraina bakal kesepian," kata Zelenskiy kepada Parlemen Eropa melalui tautan video.

"Buktikan bahwa kalian bersama kami. Buktikan bahwa kalian tidak akan membiarkan kami pergi. Buktikan bahwa kalian memang orang Eropa dan kemudian hidup akan menang di atas kematian dan pelita akan menang di atas kegelapan. Jayalah Ukraina," katanya. (Source : Galamedianews)