Skip to main content

BERITA TRENDING

Anwar Abbas Kritisi Izin Pengumpulan Uang ACT Dicabut, Ada Apa?

Ustaz Ini Larang Nyanyi Lagu Indonesia Raya hingga Sebut Hal Ini Haram

Kabar terbaru terkait Ustaz Khalid Basalamah menjadi bahan perbincangan masyarakat ketika video ceramahnya menyebut wayang haram beredar di media sosial.

Dikabarkan bahwa  ternyata ini bukan kali pertama Ustaz Khalid Basalamah tuai kontroversi. Sebelumnya, Ustaz Khalid juga sempat ramai diberitakan soal sarannya untuk tidak menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dilansir dari suara,  suara.com mengulas sederet kontroversi Ustaz Khalid Basalamah yang mencuri perhatian publik.

Ustaz Khalid Basalamah menuai kontroversi terkait ceramahnya tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Potongan ceramah tersebut dikomentari oleh banyak orang di media sosial Twitter. Berawal dari pertanyaan dari jamaahnya soal lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat upacara bendera, Ustaz Khalid Basalamah memberikan jawaban tegas. 

Dirinya memberi saran agar mereka tidak ikut menyanyikan Lagu Kebangsaan tersebut.

Kemudian, Ustaz Khalid Basalamah mengklarifikasi soal potongan video ceramah dirinya yang viral di media sosial dan menuai kontroversi tersebut. Dalam video yang beredar viral, Ustaz Khalid Basalamah membacakan pertanyaan dari salah seorang penanya, di mana sang penanya saat itu menanyakan agenda rutin di sekolah anaknya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sang penanya khawatir jika anaknya ditegur guru kalau tidak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ustaz Khalid Basalamah menyebutkan peristiwa dalam video itu terjadi di salah satu masjid di Jatinegara, Jakarta Timur, pada 2017. Ustaz Khalid mengaku saat itu tengah membahas keluhan sang penanya, bukan membahas syair Indonesia Raya. Ustaz Khalid memahami bahwa lagu Indonesia Raya diciptakan para pahlawan untuk memberikan motivasi kepada setiap generasi bangsa agar siap berjuang.

Kontroversi Ustaz Khalid Basalamah yang terbaru, video ceramah Ustaz Khalid Basalamah juga sempat tuai pro dan kontra. Dalam video yang beredar luas, Ustaz Khalid diduga menyebutkan bahwa wayang haram sehingga memantik amarah dari beberapa pihak, bahkan dirinya hendak dilaporkan ke polisi.

Lewat video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Ustaz Khalid Basalamah meminta maaf sekaligus memberikan klarifikasi. Ustaz Khalid mengatakan, bahwa video yang beredar adalah potongan saat ia berceramah di sebuah kajian.

Dalam video tersebut, Ustaz Khalid Basalamah menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyebutkan bahwa wayang haram. Disebutkan oleh Ustaz Khalid Basalamah bahwa dirinya ingin umat muslim di Indonesia menjadikan Islam sebagai tradisi bukan sebaliknya. Ustaz Khalid Basalamah juga menegaskan bahwa potongan ceramah yang tersebar di sosial media dan menjadi polemik haruslah dilihat dari lingkup pengajian. 

Sumber : Suara

Foto : Bendera Indonesia Raya