Kecelakaan Maut di Balikpapan, Akhirnya Pengusaha Berikan Respon

Iklan

terkini

Kecelakaan Maut di Balikpapan, Akhirnya Pengusaha Berikan Respon

, Friday, January 21, 2022 WIB Last Updated 2022-01-21T10:24:21Z

Kabar terbaru berkaitan dengan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menilai kecelakaan maut di Balikpapan tepatnya di titik lampu merah Jalan Soekarno-Hatta, Simpang Muara Rapak, Jumat pagi tadi, 21 Januari 2022, terjadi akibat truk tronton yang tidak seharusnya mengangkut muatan kontainer.

Dikabarkan bahwa ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan menyebut muatan kontainer harusnya dibawa kendaraan truk trailer. Bukan truk tronton seperti yang terjadi di Balikpapan tersebut.

"Regulasi ada, jelas bahwa truk mengangkut kontainer itu tidak diizinkan diangkut oleh tronton. Jadi memang regulasinya kan harus pakai truk yang trailer," kata Gemilang, Jumat.

Dia menuturkan, muatan kontainer harus diangkut truk trailer lantaran keamanan dan keseimbangannya terjaga. Terlebih, jenis truk tersebut dilengkapi dengan rem dan chamber yang membuatnya bisa berhenti sendiri bila ada masalah keseimbangan.

Artinya, lanjut Gemilang, kemungkinan rem blong akan sangat kecil dibandingkan dengan menggunakan truk tronton yang spesifikasinya tidak memungkinkan.

"Jadi itu kan dia pakai truk tronton. Sistem pengeremannya tidak dilengkapi dengan chamber-chamber di depan belakang sehingga kemampuan rem untuk mengangkut 20 ton itu sangat riskan. Bisa dipastikan terjadi rem blong di samping keseimbangannya juga tidak ada. Keamanan dan keseimbangan ke rodanya sedikit. Jadi gunakanlah trailer. Berarti alat angkutnya ini sudah salah," ucap Gemilang. (Source : Tempo)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kecelakaan Maut di Balikpapan, Akhirnya Pengusaha Berikan Respon

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x