VIRAL! Pria Lamongan ini Pulang Kampung, Naik Pesawat Rakitan Sendiri?

Iklan

terkini

VIRAL! Pria Lamongan ini Pulang Kampung, Naik Pesawat Rakitan Sendiri?

, Wednesday, December 15, 2021 WIB Last Updated 2021-12-15T10:24:09Z

Kabar terbaru datang dari masyarakat Lamongan dihebohkan dengan aksi pria bernama Suyanto yang membawa pulang pesawat ke kampung halamannya, di Dusun Trongglonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan.

Dikabarkan bahwa pria asli Lamongan ini ternyata bisa membuat pesawat. Sehingga saat proses pengerjaannya rampung, pesawat jenis STOL (Short Take-Off and Landing) tersebut ia bawa pulang ke kampung halamannya.

Suyanto alias Heri Santoso mengaku, pesawat tersebut merupakan karya aslinya. Dia mengerjakan pesawat ini di kampung halaman sang istri, tepatnya di Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut pria jenius ini, seluruh proses pembuatan pesawat, mulai dari desain hingga pengerjaan dilakukan Suyanto seorang diri. Sedangkan untuk bahannya, hampir semuanya didatangkan langsung dari luar negeri.

Lebih lanjut, Suyanto mengatakan, pesawatnya tersebut ia bawa pulang dengan diangkut menggunakan truk. Bagian-bagian pesawat seperti sayap, baling-baling, hingga rodanya dilepas agar lebih mudah saat diangkut ke truk. “Sebenarnya pesawat ini tiba di sini, pada hari Minggu kemarin,” ujar Suyanto, saat ditemui wartawan di rumahnya, Rabu, (15/12/2021).

Pesawat buatannya itu, ungkap Suyanto, sengaja dibawa pulang ke Lamongan karena ingin menunjukkan kepada orang tuanya, sekaligus agar bisa diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) di tanah kelahirannya.

“Ini pesawat milik TNI AU. Rencananya akan diresmikan Kasau bulan Januari. Karena saya orang asli Lamongan, jadi saya merasa terpanggil. Jadi tidak ada salahnya saya terjun ke Lamongan,” ungkap bapak dua anak tersebut.

Suyanto menjelaskan, pesawat jenis STOL buatannya itu memiliki 2 kursi penumpang dan mampu terbang dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per jam. “Untuk kapasitas bahan bakarnya 80 liter. Durasi terbang kurang lebih 4 jam penerbangan,” terangnya.

Menurut Suyanto, pesawat yang dibawa pulang itu sudah siap terbang, tinggal menunggu uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat. “Saat ini semuanya masih dalam proses,” kata pria berusia kepala 4 tersebut.

Selain itu, Suyanto menambahkan, pesawat jenis STOL ini bisa lepas landas dan mendarat di medan yang tidak begitu luas, sangat cocok untuk menjelajah pulau-pulau di Indonesia.

“Pesawat jenis ini sangat cocok untuk di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Tidak membutuhkan landasan yang panjang, lapangan sepak bola saja sudah sangat cukup, bahkan terlalu panjang. Jadi sangat cocok untuk ke pulau-pulau,” paparnya.

Sontak, para tetangga dan warga setempat pun dibuat heboh dan keheranan saat melihat langsung keberadaan pesawat jenis STOL di pelataran rumah Suyanto. “Ya senang, ya kaget,” kata Saerun, salah satu warga setempat yang tinggal tak jauh dari rumah Suyanto.

Hal senada juga dikatakan oleh Irwan, yang juga warga setempat. Ia mengaku, awalnya tak percaya jika tetangganya bisa membuat pesawat. Namun saat pesawat itu dibawa pulang ke Lamongan, Irwan mengaku turut merasa bangga.

“Dulu dia juga pernah bilang kalau membuat peswat, tapi ya percaya ndak percaya, karena belum tahu sendiri, tahu juga cuma dari YouTube. Sekarang sudah tahu secara langsung, jadi ya ikut bangga mas,” ucap Irwan. (BeritaJatim)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • VIRAL! Pria Lamongan ini Pulang Kampung, Naik Pesawat Rakitan Sendiri?

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x