Skip to main content

Trending Topic

Semakin Jelas, MK Kukuhkan Wewenang Polisi Periksa Identitas

Heboh ! Teriak Rasis di Bandara, Finalis Putri Indonesia Berdarah Papua Olvah Alhamid Dikecam

Kabar mengejutkan datang dari Video finalis Puteri Indonesia 2015 asal Papua, Olvah Alhamid berteriak rasis di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, viral di media sosial. Tindakan Olvah mendapat kecaman dari netizen.

Dikabarkan bahwa dalam video viral, Olvah yang dikenal sebagai pejuang stop rasisme dan diskriminasi itu terlihat berada di Terminal 3 Bandara Soetta. Olvah kemudian menunjukkan sejumlah penumpang dari negara China yang berada di terminal 3 dengan nada rasis. Tidak lama, dia berteriak.

"Nih orang-orang ini nih orang-orang China semua nih. Mereka takut lho, takut sama kita. Padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia. Eh, China China, eh, hu ha hu," kata Olvah dalam video viral yang dilihat iNews.id, Rabu (8/12/2021).

Olvah juga memberikan keterangan dalam videonya. Dia mempertanyakan mengapa masih banyak WNA yang boleh keluar masuk Indonesia saat ini. "Bingung aja masih banyak banget WNA boleh masuk keluar apalagi yang dari China. Tadi di Bandara Kendari mereka banyak banget. Apalagi pas di Bandara Makassar, udah berasa di Beijing

Video yang beredar luas di Twitter dan TikTok itu awalnya muncul dari story Instagram @olvaholvah. Netizen pun mengecam ucapan Olvah yang dinilai rasis. Apalagi, Olvah selama ini dikenal juga vokal mengecam aksi rasisme dan diskriminasi. Salah satunya terhadap warga Papua.

"Jujur ya, gue kecewa banget sama Olvah Bwefar ini. Kok bisa sih jadi Putri Indonesia?," kata pemilik akun Instagram @nathaliamwt.

"Ngaku-ngaku pejuang rasis, bicara rasis nomor satu. Skrang rasis ke orang lain. Katanya pejuang rasis, katain orang Papua rasis, tapi Olvah sendiri rasis. Sampah! Filnalis putri Indonesia pula. Beruntung karena penyelenggara acara putri Indonesia tidak cabut gelar itu," kata akun Arnold Belau di cuitannya.

"Kok olvah jd begini? Mereka menjalankan 5 M knp kita yg jd sewot? Gak baik rasis. Mereka semua saudara kita, sesama ciptaan Tuhan," cuit akun Sunan NKRI Jaga.

Menyikapi video viral mengenai aksinya yang disebut rasis di media sosial, Olvah menyampaikan klarifikasi di Instagram. Dia meminta maaf sebesar-besarnya atas sikapnya. Dia juga menyatakan, klarifikasi itu tidak berarti membenarkan sikapnya dalam video tersebut.

"Halo, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita semuanya. Apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu. Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi. Mungkin teman-teman sudah pada lihat video viral yang tentang saya di Bandara Soekarno-Hatta. Dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya, terhadap apa yang saya bilang di dalam video itu, yang seharusnya tidak saya lakukan. Dan apa pun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," kata Olvah. (Source: iNews)


Comments