Skip to main content

Khusus Seluruh Pemakai Kartu Tol, Ada Info Penting Buat Anda

DUNIAOBERITA.COM - 

Pemerintah akan menghapus kartu tol di semua gerbang tol, lalu apakah yang akan menjadi gantinya serta apa perbedaannya .

Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol (GT) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping (menempelkan) kartu e-toll mulai 2024.

Hal ini berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang akan menerapkan secarah penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem multilane free flow (MLFF) sebagai pengganti kartu tol pada 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, ia memastikan penerapan sistem pembayaran MLFF yang membuat mobil tidak perlu berhenti di pintu tol.

Bahkan ia juga mengatakan untuk mendukung sistem ini, terkait kesiapan teknologi, Basuki menegaskan itu semua sudah siap.


“Teknologgi pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi” Ujarnya.

Lebih lanjut, menteri Basuki menyatakan simulasi uji coba penerapan MLFF ini sudah dimulai di jalan tol Bali-Mandara.

Menurutnya, uji coba transaksi MLFF ini adalah bagian dari proses transisi seperti halnya dulu peralihan transaksi cash menjadi non cash dengan tapping kartu e-money yang butuh waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.


Sementara itu, Basuki juga mengungkapkan pada awal penerapan MLFF 2024 mendatang perlu dilaksanakan sosialisasi yang cukup jelas bagi masyarakat terkait teknologi bayar tol tanpa kendaraan perlu berhenti di exit tol itu.

“Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelumnya masuk jalan Tol Bali-Mandara.” Ujarnya.

Sementara itu, direktur jalan bebas hambatan direktorat jenderal bina marga kementerian PUPR Triono Junoasmono, turut menambahkan, terkait uji coba transisi tapping e-toll ke MLFF.


Yakni ia menyatakan pada tahap awal hanya akan diberlakukan di lajur 4 GT Ngurah Rai, dan akan mulai diterapkan pada seluruh lajur GT pada Maret 2024.“Uji coba telah dimulai sejak minggu ke-2 November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah.” Ucap Triono.

Perbedaan Pembayaran E-Toll dan Teknologi MLFF

MLFF adalah transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nontunai nirsentuh.

Sedangkan e-toll adalah sebuah kartu uang elektronik (e-money) yang digunakan sebagai alat pembayaran nontunai (cashless) saat menggunakan layanan jalan tol.

Meski sama-sama dilakukan tanpa mengeluarkan uang tunai, penggunaan teknologi MLFF tidak membuat pengendara harus berhenti di pintu told an membuka kaca untuk tempel kartu e-toll.


Melainkan, dengan teknologi MLFF ini, saat kendaraan melewati pintu tol maka saldo uang elektronik yang tersimpan pada aplikasi khusu yang sudah di unduh di handphone pintar (smartphone) akan terpotong otomatis.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengklaim dengan cara ini memakan waktu transaksi menjadi hanya 0 detik.