Pengumuman Penting Untuk Semua Pengguna Gmail, Google Tiba Tiba akan Hapus Akun Gmail Akhir 2023, Segera Cek Penyebabnya

Iklan

terkini

Pengumuman Penting Untuk Semua Pengguna Gmail, Google Tiba Tiba akan Hapus Akun Gmail Akhir 2023, Segera Cek Penyebabnya

, Monday, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-05T19:01:54Z

DUNIAOBERITA.COM - Hallo pengguna Gmail semuanya, ada nih pengumuman penting buat anda semuanya. 

Nah dikabarkan bahwa bila  punya akun Gmail tak aktif selama 2 tahun, sebaiknya waspada. Pasalnya, kini Google bakal menghapus akun Gmail yang sudah tak aktif dalam waktu lama.

"Mulai akhir tahun ini, jika ada akun Google yang tak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, kami akan menghapus akun beserta konten di dalamnya," tertera dalam keterangan resminya.

Selain akun Gmail yang akan terdampak oleh kebijakan ini, tetapi semua ekosistem di Google Workspace. Antara lain mencakup Docs, Drive, Meet dan Calendar.

Selain itu, akun YouTube dan Google Photos juga turut bakal dihapus kalau tak aktif selama 2 tahun. Google mengatakan kebijakan ini sudah berlaku, namun penghapusan dimulai pada Desember 2023 mendatang.

"Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," kata Google.

Kebijakan penghapusan akun ini dilakukan untuk menjaga keamanan pengguna. Menurut Google, akun yang tak aktif rentan dieksploitasi penjahat siber.

Hal ini dikarenakan akun Google yang lama tak terpakai kerap tak mengaktifkan fitur keamanan verifikasi-2-faktor (2-step-verifcation).

"Akun yang tak memakai fitur verifikasi-2-faktor) lebih rentan mengalami pencurian identitas dan menjadi korban konten berbahaya," Google menjelaskan.

Terakhir, Google mengatakan kebijakan ini hanya berlaku untuk akun personal. Jadi, akun bisnis atau organisasi tak bakal dihapus meski tak aktif selama 2 tahun.

Jika Anda tak ingin akun Gmail dan Google lainnya tiba-tiba musnah, sebaiknya sign in ke akun Anda secepatnya. Selain itu, Anda bisa mulai aktif menggunakan akun tersebut.

YUK❗ BACA BERITA MENARIK LAINNYA DARI DUNIAOBERITA.COM DI Google News
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengumuman Penting Untuk Semua Pengguna Gmail, Google Tiba Tiba akan Hapus Akun Gmail Akhir 2023, Segera Cek Penyebabnya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x