Demo Besar-besaran Hari Ini, Begini Jumlah dan Tempatnya

Iklan

terkini

Demo Besar-besaran Hari Ini, Begini Jumlah dan Tempatnya

, Saturday, May 01, 2021 WIB Last Updated 2021-05-01T03:56:27Z
Dalam memperingati hari buruh internasional hari ini tepatnya pada tanggal 1 Mei tahun 2021 akan dilakukan demo besar-besaran baik di depan mahkamah konstitusi dan juga di depan istana.

Dikabarkan bahwa adapun yang akan melakukan demonstrasi pada hari ini yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar demonstrasi pada hari ini, Sabtu (1/5/2021). Hal itu telah disampaikan secara tertulis oleh Presiden KSPI Said Iqbal, Jumat (30/4/2021) lalu.

“Untuk di tingkat nasional, aksi akan dipusatkan di Istana dan Gedung Mahkamah Konsultasi,” katanya. 

Sebagaimana dikutip dari IDNTIMES mengungkapkan bahwa sejumlah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (12/4/2021). 

Said Iqbal menjelaskan, demonstrasi tersebut melibatkan 50 ribu buruh yang tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota, dan di 3.000 pabrik. Ia mengatakan, kegiatan itu tentu akan mengikuti standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Peserta aksi akan melakukan rapid antigen, memakai masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, untuk demonstrasi di daerah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres dan Satgas COVID-19 daerah setempat.

Ia meminta agar massa buruh yang hendak melakukan aksi May Day tidak dilarang.

Said Iqbal menyampaikan, terdapat dua hal yang menjadi tuntutan kaum buruh dalam aksi demonstrasi kali ini. Pertama, cabut atau batalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

"Di mana buruh meminta Hakim Mahkamah Konstitusi memenangkan uji formil dan uji materiil yang diajukan buruh. Isu kedua, berlakukan UMSK 2021," katanya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Demo Besar-besaran Hari Ini, Begini Jumlah dan Tempatnya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x