Alasan Power Bank Dilarang di Bagasi Check-In Pesawat, Semua Masyarakat Harus Tahu

Iklan

terkini

Alasan Power Bank Dilarang di Bagasi Check-In Pesawat, Semua Masyarakat Harus Tahu

, Friday, June 14, 2024 WIB Last Updated 2024-06-14T08:14:38Z

DUNIAOBERITA - Mungkin Anda pernah mengalami tindakan pelarangan membawa power bank di bagasi check ini pada pesawat. 

Nah power bank dilarang masuk ke dalam bagasi check-in pesawat karena risiko keamanan yang terkait dengan baterai lithium-ion yang mereka gunakan. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan utama:

1. Risiko Kebakaran: Baterai lithium-ion yang digunakan dalam power bank memiliki potensi risiko kebakaran jika terjadi kerusakan atau hubungan arus pendek. Kebakaran baterai ini bisa sulit dipadamkan dan bisa menimbulkan bahaya besar dalam penerbangan.

2. Pemantauan yang Lebih Mudah: Di dalam kabin, awak pesawat dapat lebih mudah memantau dan merespons jika terjadi masalah dengan power bank. Jika terjadi kebakaran atau ledakan baterai, penumpang dan awak dapat segera mengambil tindakan untuk mengatasi situasi tersebut.

3. Kebijakan Keselamatan: Banyak otoritas penerbangan, seperti Administrasi Penerbangan Federal (FAA) di Amerika Serikat dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), telah menetapkan pedoman keselamatan yang melarang baterai lithium-ion dalam bagasi check-in dan mengharuskan mereka dibawa ke dalam kabin.

4. Keamanan Penumpang: Dengan membawa power bank ke dalam kabin, penumpang bertanggung jawab atas perangkat mereka sendiri dan dapat mengambil tindakan segera jika terjadi masalah, sehingga mengurangi risiko yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan secara keseluruhan.

Dengan demikian, untuk memastikan keamanan penerbangan, power bank harus dibawa di dalam kabin dan tidak dimasukkan ke dalam bagasi check-in.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alasan Power Bank Dilarang di Bagasi Check-In Pesawat, Semua Masyarakat Harus Tahu

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x