Presiden Putin Usir 20 Diplomat Jerman dari Rusia

Iklan

terkini

Presiden Putin Usir 20 Diplomat Jerman dari Rusia

, Monday, April 24, 2023 WIB Last Updated 2023-04-23T23:45:01Z
Kabar mengejutkan terkait Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, pada hari Sabtu (22/4/2023), mengumumkan pengusiran lebih dari 20 diplomat Jerman sebagai tindakan pembalasan atas "pengusiran massal" staf kedutaan Rusia dari Berlin.


Dikabarkan bahwa Maria Zakharova mengumumkan pengusiran tersebut dalam tayangan televisi pemerintah Zvezda. Dia menegaskan bahwa Moskow telah memutuskan untuk mengusir lebih dari 20 diplomat. 

Dikutip dari The Moscow Times, pernyataannya muncul tak lama setelah kementeriannya mengecam pengusiran massal lainnya terhadap karyawan misi diplomatik Rusia di Jerman.

Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan mencatat pernyataan Rusia tersebut. Kementerian tersebut mengungkapkan kepada AFP bahwa pemerintah federal dan pihak Rusia telah melakukan kontak dalam beberapa pekan terakhir mengenai masalah personel di perwakilan masing-masing di luar negeri.

"Penerbangan hari ini adalah bagian dari proses itu," ungkap pernyataan tersebut. Namun, pemerintah Jerman tidak secara khusus membicarakan tentang pengusiran diplomat tersebut.

Adapun, Moskow menuduh Berlin telah secara demonstratif menghancurkan seluruh hubungan Rusia-Jerman.

"Sebagai tanggapan atas tindakan bermusuhan Berlin, pihak Rusia telah memutuskan untuk mencerminkan keputusan tersebut dan mengusir diplomat Jerman dari Rusia," kata Kementerian Luar Negeri Jerman.

Moskow juga akan membatasi jumlah maksimum karyawan dalam misi diplomatik Jerman di negara itu dan mengatakan Duta Besar Jerman Geza Andreas von Geyr telah diberitahu tentang tindakan tersebut pada 5 April lalu.

Oleh : red duniaoberita
Sumber : CNBC Indonesia 
Foto : Presiden Putin 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Putin Usir 20 Diplomat Jerman dari Rusia

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x