Skip to main content

BERITA TRENDING

Ganjar Pranowo Buka Suara Usai Ada Isu Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri

Sekjend PDIP Hasto Berikan Respon Tegas Usai Nasdem Usulkan Ganjar Pranowo Capres

Kabar terbaru terkait sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu tokoh yang diusulkan menjadi capres 2024 oleh puluhan DPW Partai Nasdem pada rapat kerja nasional di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022). 

Dikabarkan bahwa menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan Ganjar Pranowo tegak lurus terhadap PDIP. Hasto mengatakan, capres dan cawapres dari PDIP hanya diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri.

"Karena partai politik bukan klub sepak bola. Bagi PDI-Perjuangan, berpolitik itu membangun organisasi kepartaian," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Hasto menjelaskan, fungsi kepartaian dalam tubuh PDIP sudah sesuai dengan undang-undang yakni kaderisasi kepemimpinan. Maka itu, ia menegaskan kaderisasi kepemimpinan tetap menjadi tugas utama kepartaian.

"Kaderisasi kepemimpinan partai itu merupakan fungsi yang sistemik, yang seharusnya dilakukan oleh partai. Maka hal tersebut yang seharusnya dilakukan oleh partai politik. Maka, kesadaran sebagai kader partai yang telah dilakukan oleh Pak Ganjar itu adalah satu jawaban yang sangat tegas," kata Hasto.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, adanya rapat kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem memasuki hari terakhir. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membeberkan bahwa salah satu hasil rakernas adalah tidak ada sosok internal yang diusung untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"NasDem kali ini tidak mengusungkan calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," tutur Willy di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).