Skip to main content

BERITA TRENDING

Heboh! Digugat Cerai Nathalie Holscher, Sule Berikan Jawaban Begini

Jenderal Listyo Keluarkan Ultimatum

Kabar terbaru datang dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan ultimatum tegas tanpa terkecuali untuk seluruh personel kepolisian.

Dikabarkan bahwa menurut dia, seluruh personel kepolisian harus netral dan berdiri di atas semua golongan ketika menghadapi konflik sosial di masyarakat.

Oleh karena itu, aparat kepolisian yang memiliki tugas pokok, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, harus bisa menjadi sosok yang bisa menyelesaikan masalah dalam segala situasi konflik.

"Bagaimana rekan-rekan memposisikan berada di posisi tengah. Rekan-rekan bisa jadi mediator, menjadi problem solver yang bisa diterima kedua belah pihak. Hal itu menjadi sangat penting," ujar Sigit saat memberikan pengarahan kepada seluruh jajarannya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/2/2022).

Eks Kabareskrim Polri itu meminta seluruh anggota kepolisian agar melakukan penanganan konflik sosial dengan mengacu pada aturan, kewenangan, serta standar operasional prosedur (sop) yang diatur di dalam UU dan Peraturan Kapolri (Perkap).

Kemudia, seluruh jajaran harus berpedoman, memperhatikan, dan mempelajari Perkab untuk diterapkan dalam menangani permasalahan, termasuk konflik sosial.

"Tinggal diperhatikan, pelajari, dan melatihkan. Sehingga kemudian, itu menjadi suatu kebiasaan yang bisa kita laksanakan, pada saat menghadapi kegiatan-kegiatan yang ada permasalahan," tegas eks Kapolda Banten itu.

Selain itu, para pimpinan kepolisian di lingkungan kerja diimbau harus rajin turun ke bawah, melakukan pengecekan terhadap anggotanya.

Hal tersebut perlu dilakukan demi mencegah adanya permasalahan dan ketidakpahaman bertindak sebagaimana aturan.

"Memang harus selalu dikontrol, disidak, dan dicek. Sehingga kita yakin, anggota kami saat turun ke lapangan dalam kondisi betul-betul sudah siap," jelasnya.

Sebab, potensi kesalahan bisa muncul jika atasan tidak teliti, dan tidak hati-hati.

"Atasan harus mewaspadai hal yang rentan terjadi ketika anggota kepolisian tidak siap. Lebih baik jangan ditugaskan. Ganti dengan yang siap," terang dia.

Lebih lanjut, Kapolri Listyo Sigit menuturkan, segala bentuk permasalahan tidak akan terjadi apabila seluruh personel kepolisian bisa mematuhi aturan, bertindak sesuai sop, menaati asas legalitas dan proporsional serta nesesitas.

"Memang itu yang kemudian tentunya asas-asas tersebut harus dipahami. Sehingga pada saat rekan-rekan melangkah sudah tahu ini risikonya apa, itu risikonya apa," imbuh dia.

"Setiap permasalahan memiliki dinamika tersendiri, sehingga, pola penanganannya pun harus berbeda dengan menyesuaikan situasi," tandasnya. (GenPi/JPNN)