Masyarakat Diminta Segera Melapor Ke Kepolisian Jika Menjadi Korban atas APK Penipuan

Iklan

terkini

Masyarakat Diminta Segera Melapor Ke Kepolisian Jika Menjadi Korban atas APK Penipuan

, Tuesday, April 16, 2024 WIB Last Updated 2024-04-16T02:27:31Z
Foto : Ilustrasi Polisi

DUNIAOBERITA.COM - Sebuah pesan WhatsApp berisi surat panggilan Polda Metro Jaya yang ramai di media sosial menyertakan dokumen berekstensi Android Package Kit (APK), yang merupakan salah satu modus penipuan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, menanggapi hal tersebut dengan mengimbau agar masyarakat lebih waspada, pada Jumat (12/4/24). 

Ia juga menyarankan kepada masyarakat yang menjadi korban untuk segera melapor ke kantor polisi terdekat.

Modus penipuan baru ini diunggah oleh akun media sosial X @ibnux. Dalam unggahan tersebut, X @ibnux mengaku menerima pesan WhatsApp dari nomor 0813-8027-2083 yang menggunakan foto profil lambang Polda Metro Jaya. Pesan tersebut berisi ‘SURAT PANGGILAN POLDA METRO JAYA’.

Pakar keamanan siber, Bruce Hanadi, mengatakan kasus penipuan menggunakan dokumen APK ini marak terjadi dengan modus beragam, mulai dari undangan pernikahan, kurir paket, surat tilang, hingga tagihan BPJS. 

Melalui dokumen APK ini, pelaku bisa menyusup dan menguras data pribadi serta rekening korban.

Bruce menjelaskan bahwa malware bisa disampaikan dalam berbagai bentuk, misalnya APK, pdf, xls, jpg, bmg, dan lain sebagainya. Apabila terlanjur mengklik tautan dokumen berisi virus, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mengubah semua kata sandi. Jika mengklik melalui WhatsApp, maka segera ganti kata sandi WhatsApp, email, hingga m-banking.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Diminta Segera Melapor Ke Kepolisian Jika Menjadi Korban atas APK Penipuan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x