Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari Dilaporkan ke DKPP, Ini Pertimbangannya

Iklan

terkini

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari Dilaporkan ke DKPP, Ini Pertimbangannya

, Friday, April 19, 2024 WIB Last Updated 2024-04-19T10:24:37Z

DUNIAOBERITA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait dugaan tindakan asusila terhadap seorang perempuan yang bertugas sebagai Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). 

Laporan tersebut disampaikan oleh Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH Apik pada Kamis (18/4/24).

"Pada hari ini kita melaporkan Ketua KPU ke DKPP atas pelanggaran etik, integritas dan profesionalitas yang diduga melibatkan tindakan-tindakannya dalam membina hubungan personal, hubungan romantis dengan seorang PPLN di luar negeri," kata kuasa hukum korban, Aristo Pangaribuan di DKPP, dilansir duniaoberita dari CNN Indonesia. 

Kuasa hukum korban, Maria Dianita Prosperiani mengatakan Hasyim diduga menyalahgunakan jabatan dan kewenangannya dengan menggunakan berbagai fasilitas kedinasan dan selalu mengasosiasikan dirinya dengan kekuasaan untuk mencapai tujuannya tersebut.

"Tindakan pelanggaran kode etik oleh Ketua KPU dilakukan dengan cara mendekati, merayu sampai melakukan perbuatan asusila kepada klien kami anggota PPLN yang memiliki hubungan pekerjaan dengan Ketua KPU. Padahal, Ketua KPU telah terikat dalam pernikahan yang sah," ucapnya.

Menurut Aristo, Hasyim berupaya mendekati korban sejak Agustus 2023 hingga Maret 2024, meskipun keduanya terpisah jarak. 

Korban akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum penyelenggaraan Pemilu 2024 karena merasa dirugikan.

Maria Dianita Prosperiani, kuasa hukum korban lainnya, meminta agar DKPP memberikan sanksi etik maksimal berupa pemberhentian tetap terhadap Hasyim Asyari dari jabatannya sebagai Ketua dan Anggota KPU. 

Maria juga menegaskan bahwa laporan tersebut tidak memiliki kepentingan politik praktis.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari Dilaporkan ke DKPP, Ini Pertimbangannya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x