Skip to main content

BERITA TRENDING

Viral ! Seorang TKW tampar keras Ahmad Dhani sebab boikot Singapura demi UAS

Anak TKW Viral Dibesarkan Wanita Tionghoa Malaysia, Terungkap Kisahnya Yang Bikin Air Mata Mengalir

Kabar terbaru dan kisah Rohana Abdullah, anak TKW Indonesia yang dibesarkan wanita Malaysia beretnis Tionghoa jadi viral di kedua negara. Meski berbeda ras dan agama, Rohana dirawat dengan kasih sayang dan toleransi oleh Chee Hoi Lan. 


Dikabarkan bahwa Ibu kandung gadis berhijab itu sendiri dikabarkan terpaksa menitipkannya sejak usia dua bulan. Tidak begitu saja menghilang, ternyata ia pernah menjenguk sang anak.

Rohana Abdullah memang dirawat Chee Hoi Lan sejak berusia bayi. Ibu kandungnya dulu adalah pekerja kebersihan di TK tempat Chee Hoi Lan mengajar. 20 tahun lalu, ibu kandung Rohana terpaksa pulang ke Indonesia karena itu ia menitipkan anaknya pada Chee. Bukan alasan, ternyata ia meninggalkan sang putri karena alasan izin tinggal.

Hal tersebut disampaikan orang terdekat Rohana dan Chee, Salimah Osman. Kepada Harian Metro, wanita 52 tahun itu mengatakan jika izin tinggal ibu Rohana sebagai TKW sudah habis. Ia pun tak ingin menyalahi aturan sebab itu kembali ke negaranya.

Tapi tak lama kemudian, ibu kandung Rohana kembali ke Malaysia untuk menengok keadaan anaknya. Dikatakan jika ia lega mendapati putrinya dijaga dengan baik olah wanita yang disapa Laoshi tersebut. Wanita itu juga berterima kasih kepada Chee karena telah menggantikan perannya sebagai ibu.

Belum diketahui alasan mengapa Rohana tidak dibawa ibunya kembali ke Tanah Air. Meski begitu, ia telah meninggal pesan penting untuk sang anak. "Jangan tinggal agama, satu-satunya pesanan ibu Rohana," kata Salimah.

Selama di Malaysia, Rohana dirawat seperti anak sendiri. Tak hanya itu, Chee pun memastikan jika gadis itu tumbuh dengan agamanya sendiri, Islam. "Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal dan melakukan ibadat sebagai seorang Muslim sehinggalah hari ini. Saya tahu ada benda yang dia tidak boleh makan. Saya tahu ada masanya dia perlu solat dan itu langsung tidak menjadi masalah," kata Chee.

Rohana lahir dari ibu asal Indonesia dan ayah berkebangsaan Malaysia. Karena tumbuh tanpa orang tua, selama ini ia kesulitan memiliki identitas. Setelah kisahnya viral, pemerintahan kedua negara pun memberi perhatian. Setelah Perdana Menteri Malaysia berjanji untuk membantunya dapat identitas, baru-baru ini Kedutaan Besar Indonesia juga ikut turun tangan.

 "Penting untuk memiliki identitas. Karena ibunya orang Indonesia maka saya perlu intervensi untuk memberi identitas kepada Rohana. Tapi harus didengarkan dulu Rohana ini ingin jadi warga negara Malaysia atau Indonesia". 

Source : acehbisnis