Skip to main content

BERITA TRENDING

Ganjar Pranowo Buka Suara Usai Ada Isu Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri

Wajib Tahu! Cara Cek BI Checking 2022 atau SLIK Online via HP

Kabar terbaru terkait cara cek BI Checking 2022 atau SLIK online via HP untuk mengetahui utang atau pinjaman online (pinjol) lewat KTP.

Dikabarkan bahwa salah satu tahap nasabah yang hendak melakukan kredit atau pinjam uang di bank adalah BI Checking. Tahap ini menjadi salah satu faktor penentu apakah nasabah bisa melakukan kredit atau tidak.

BI Checking mulanya merupakan layanan yang diberikan Bank Indonesia, kini menjadi layanan milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, BI Checking telah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

SLIK hadir untuk mempermudah proses penyediaan dana, pengaplikasian manajemen risiko pembayaran atau kredit. Simak cara cek BI Checking Online berikut ini.

Untuk debitur perorangan, siapkan KTP bagi WNI dan paspor bagi WNA. Sementara untuk debitur badan usaha, siapkan KTP bagi WNI, paspor bagi WNA, NPWP, dan akta pendirian.

Proses selanjutnya yaitu melakukan registrasi di konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Pilih jenis pemohon dan tentukan tanggal.

Tahap selanjutnya yaitu mengisi formulir dan mengunggah foto atau scan beberapa dokumen yang telah disiapkan. Setelah data telah terkirim melalui email, verifikasi data pemohon akan dilakukan selambatnya H-2 dari jadwal antrian.

Jika data disetujui, yang harus dihadapi selanjutnya adalah tahap finalisasi. Tahap ini, debitur harus mencetak formulir pertama sebanyak 3 lembar dan kirim dokumen tersebut ke OJK melalui whatsapp.

Pengiriman tersebut disertai dengan foto selfie dengan memegang foto KTP asli. OJK akan melakukan verifikasi data. Apabila berkas lolos, OJK akan mengirimkan hasil iDEB SLIK/BI Checking melalui email.

Demikian informasi mengenai cara cek BI Checking 2022 atau SLIK online via HP untuk mengetahui utang atau pinjaman online (pinjol) lewat KTP. (duniaoberita/beritaDIY)

Foto : Hasil Tangkapan Layar