Skip to main content

BERITA TRENDING

Ganjar Pranowo Buka Suara Usai Ada Isu Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri

Survei SMRC: Elektabilitas PDI-P dan Gerindra Unggul

Kabar terbaru terkait hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, elektabilitas PDI Perjuangan dan Partai Gerindra merupakan yang tertinggi di Jawa Barat jika pemilihan umum digelar saat ini.

"Urutan pertama itu ditempati oleh PDI-P dan Gerindra, agak sulit kita menentukan mana yang lebih unggul di antara dua partai karena di bawah margin of error selisihnya," kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad, Selasa (15/2/2022).

Dikabarkan bahwa dalam simulasi semi terbuka, elektabilitas PDI-P tercatat paling besar dengan angka 16 persen, sementara Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,8 persen.

Di bawah dua partai tersebut, terdapat Partai Keadilan Sejahtera (9,2 persen), Partai Golkar (81, persen), Partai Demokrat (5,9 persen), dan Partai Kebangkitan Bangsa (5,1 persen).

"Dukungan terhadap partai-paratai lain di bawah 3 persen dan masih ada 32,7 persen (responden) yang belum tahu atau tidak menjawab," ujar Saidiman.

Survei yang sama juga menunjukkan, PDI-P merupakan satu-satunya partai yang elektabilitas meningkat dibandingkan perolehan suara pada Pemilihan Umum 2019 lalu yakni dari 14,3 persen menjadi 16 persen.

"Dibanding dengan hasil Pemilu 2019, suara PDI-P cukup stabil, sedangkan partai-partai lain mengalami kecenderungan menurun," kata Saidiman.

Survei ini dilaksanakan SMRC pada 5-8 Februari 2022 dengan metode wawancara melalui telepon.

Ada 801 responden dalam survei ini yang dipilih secara acak dari database hasil survei SMRC sebelumnya serta dipilih acak melalui metode random digit dialing.

Margin of error survei ini diperkirakan ±3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (

Sumber : Kompas