Respon Ganjar soal Budiman Sudjatmiko Temui Prabowo Subianto

Iklan

terkini

Respon Ganjar soal Budiman Sudjatmiko Temui Prabowo Subianto

, Friday, July 21, 2023 WIB Last Updated 2023-07-21T02:57:12Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait Ganjar Pranowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komarudin Watubun, angkat bicara soal politikus PDIP Budiman Sudjatmiko yang bertemu dengan bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Diketahui, Budiman menyambangi kediaman Prabowo pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Budiman juga mengakui bakal melaporkan hasil pertemuannya dengan Prabowo kepada Puan dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Ganjar menilai pertemuan Budiman dan Prabowo itu sebagai hak Budiman dan tak mengganggu soliditas partainya.

“Itu haknya Pak Budiman,” kata Ganjar usai ditemui di acara Silaturahmi 1 Muharram 1445 Hijriah bersama Relawan Dukung Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Rabu, 19 Juli 2023.

Ganjar juga menyatakan tidak ada pihak yang terganggu pertemuan Budiman dengan kandidat capres dari partai politik (parpol) lain tersebut.

Gubernur Jawa Tengah tersebut juga membantah anggapan bahwa pertemuan tersebut menggangu soliditas PDIP.

“Nggak pernah terganggu,” kata dia singkat.

Sementara itu Komarudin menyatakan pihaknya bakal memanggil Budiman imbas pertemuannya dengan Prabowo. Budiman mengatakan agenda pertemuan tersebut merupakan ranah pribadi.

“Tidak bisa dibilang ‘wah ini saya pribadi’, itu tidak bisa. Dan orang sekelas Budiman Sudjatmiko masak tidak tahu berorganisasi, gimana sih?” ujar Komarudin saat dikonfirmasi, Rabu, 19 Juli 2023. “Iya pasti kami panggil. Saya pulang dari reses dipanggil.

Menurut Komarudin, Budiman dan kader PDIP lainnya harus mengikuti arahan partai dalam menentukan pilihan politik.

“Kebebasan kami itu setelah menjadi anggota partai diatur oleh organisasi. Kebebasan dalam konteks politik ya. Kalau urusan pribadi dalam masalah keluarga, kan partai tidak ngurusin. Tapi kalau urusan politik bicara soal presiden, wakil presiden, itu kan urusan organisasi, sebagai anggota partai kan,” kata Komarudin.

Komarudin menyebut aturan mengenai hal ini mutlak dan harus diikuti oleh semua kader. Ia mengatakan jika ada kader yang tidak mau mengikuti aturan partai, maka jangan bergabung di PDIP.

“Konsekuensi sebagai orang partai ya kalau sudah diputuskan, semua harus mendukung itu. Kalau tidak mau mendukung, mau bebas, ya jangan gabung di PDIP, kan gitu. Kalau di PDIP pasti ada aturan,” kata Komarudin.

Puan sendiri mengaku tak mempersoalkan pertemuan antara Budiman dengan Prabowo.

Kendati demikian, Puan tidak mengetahui apakah pertemuan itu merupakan perintah dari partai atau inisiatif pribadi Budiman.

“Saya tidak tahu apakah itu ada perintah. Akan tetapi, yang saya bisa sampaikan bahwa semuanya boleh saja bersilaturahmi,” ujar Puan di iNews Tower, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023.

Namun, menurut Ketua DPR RI itu, setiap silaturahmi antartokoh politik akan berdampak positif pada bangsa dan negara.

Oleh sebab itu, Puan tak mau berpikir negatif sebelum tahu apa yang Budiman dan Prabowo diskusikan. “Jadi, ya, nanti sesudah pertemuan kita dengar apa yang sebenarnya dibicarakan,” katanya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Respon Ganjar soal Budiman Sudjatmiko Temui Prabowo Subianto

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x