Skip to main content

BERITA TRENDING

Ganjar Pranowo Buka Suara Usai Ada Isu Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menteri

Gus Nur Haramkan Pilih Ganjar Pranowo, Prabowo dan Beberapa Lainnya, Alasannya Mengejutkan

Kabar terbaru terkait adanya debuah video yang memperlihatkan Sugi Nur Raharja alis Gus Nur mengharamkan rakyat mendukung ataupun memilih Ganjar Pranowo viral di media sosial.

Dikabarkan bahwa alasan Gus Nur memberikan fatwa haram tersebut tersebut lantaran menurutnya Ganjar didukung sejumlah pihak yang dinilai kurang pantas.

Video yang kemudian viral tersebut diunggah oleh pengguna akun media sosial Instagram @jayalah_.indonesia1945.

Gus Nur memulainya dengan mengharamkan memilih sejumlah tokoh publik yang dijagokan maju sebagai calon Presiden RI pada tahun 2024 mendatang.

Selain Ganjar Pranowo, beberapa tokoh yang juga diharamkan Gus Nur antara lain, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Puan Maharani dan Sandiaga Uno.

“Bagi saya haram milih Ganjar, haram milih Erick Thohir, haram milih Puan Maharani, haram milih Prabowo Subianto, haram pilih Sandiaga Uno,” tegas Sugik Nur, dikutip Selasa, 14 Juni.

Lebih lanjut, Gus Nur menjelaskan alasannya memberi fatwa haram memilih sejumlah tokoh tersebut.

Bagi Gus Nur, sejumlah tokoh yang didukung penuh oleh komplotan buzzerRp maupun influencer yang sepaham tidak layak didukung oleh masyarakat.

“Begini, pertama, siapa yang didukung buzzer dan influencer maka haram hukumnya,” tukasnya.

Unggahan ini pun direspons sejumlah netizen yang menganggap pernyataan Gus Nur tersebut berlebihan.

Salah satu netizen berkomentar, jika mengikuti alur pemikiran Gus Nur maka tidak ada yang pantas dipilih, sebab semua calon presiden dinilai didukung buzzer dan influencer semua.

“Kalau mengikuti fatwa si Sugik, maka ga ada yang bisa dipilih karena semua didukung buzzer dan influencer, termasuk "kilafuck" dan Sugik, karena kilafuck dan Sugik juga ada buzzer dan influencer yang mendukung,” tulis @mu_ha_rambe.

Netizen lain yang ikut bersuara di kolom komentar Menilai tidak patut setiap orang merasa paling benar dan suci.

“Semakin orang merasa paling benar pada dasarnya dialah yang paling busuk,” tulis @nkri_hargamati4. (duniaoberita/Djawanews)