Soal Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan, Ini Kata Menteri PANRB

Iklan

terkini

Soal Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan, Ini Kata Menteri PANRB

, Tuesday, May 07, 2024 WIB Last Updated 2024-05-07T09:19:31Z
DUNIAOBERITA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa pemerintah akan segera memulai seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) di sekolah kedinasan serta secara umum di berbagai kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda). 

Seleksi CPNS di sekolah kedinasan dijadwalkan dimulai pada bulan Mei 2024, dengan pembukaan pendaftaran akan segera dilakukan setelah proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi. 

“Pembukaan pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai bulan ini juga, sekarang proses koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi,” ujar Anas, dikutip dari laman Kementerian PANRB, Selasa (07/05/24).

Pada tahun 2024, Kementerian PANRB telah menetapkan persetujuan formasi pada delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi. 

Sekolah kedinasan yang akan mendapatkan alokasi formasi meliputi berbagai lembaga seperti Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan lain-lain.

Selain itu, pada bulan Juni mendatang, pemerintah juga akan membuka rekrutmen CASN di seluruh Indonesia. 

“Kami targetkan pendaftaran CASN dimulai Juni 2024,” tegasnya. 

Menteri PANRB telah menyetujui 1,2 juta formasi ASN untuk instansi pusat dan daerah, sebagai tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN yang akan direkrut secara bertahap. 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi yang dilakukan oleh K/L dan pemda, meskipun masih ada beberapa instansi yang belum melengkapi rincian formasi. 

Anas menekankan bahwa seleksi CASN akan menjunjung tinggi nilai transparansi dan akuntabilitas, dengan seluruh informasi mengenai alur seleksi diumumkan melalui kanal resmi pemerintah. 

Anas juga menegaskan agar masyarakat tidak percaya pada pihak yang menjanjikan kelulusan tanpa melalui proses seleksi yang benar.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Soal Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan, Ini Kata Menteri PANRB

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x