Alasan Demokrat Dukung Prabowo Subianto Dibandingkan Ganjar

Iklan

terkini

Alasan Demokrat Dukung Prabowo Subianto Dibandingkan Ganjar

, Tuesday, September 19, 2023 WIB Last Updated 2023-09-19T04:19:49Z
DUNIAOBERITA.COM - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengungkapkan alasan partainya tak mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Menurut Kamhar, hal tersebut lantaran sebagian besar kader Demokrat mendukung Prabowo Subianto.

“Sesuai dengan aspirasi sebagian besar kader baik yang terpotret pada Rapimnas maupun pada commanders call beberapa waktu yang lalu,” kata Kamhar kepada wartawan, Senin (18/9/2023).

Dia menjelaskan segenap kader Demokrat menekankan pentingnya azas kesetaraan, keadilan, dan mutual trust dalam membangun kerja sama politik.

“Sehingga terbangun chemistry dan intimasi menjadi kerja sama yang solid dan kokoh,” ujar Kamhar.

Selain itu, Kamhar menyebut Demokrat memiliki hubungan historis dan kerja sama secara empiris dengan partai politik (parpol) pendukung Prabowo.

“Dengan Pak Prabowo dan Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan PBB semuanya pernah bersama Partai Demokrat. Ini antara lain sistem penjelas Partai Demokrat berlabuh bersama Koalisi Indonesia Maju,” jelasnya.

Hanya saja, dia menambahkan pertimbangan startegis mengenai alasan Demokrat merapat ke Prabowo, nantinya akan disampaikan Majelis Tinggi Partai.

Adapun Demokrat sebelumnya digadang-gadang akan mendukung Ganjar dan berkoalisi dengan PDIP.

Namun, pada Minggu (17/9/2023) Demokrat disebut akan segera memutuskan mendukung Prabowo.

Hal itu terjadi setelah Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Prabowo di Hambalang.

Setelahnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya merilis hasil keputusan resmi Majelis Tinggi Partai (MTP).

“Dalam pertemuan sore tadi di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024,” kata Riefky dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan langsung oleh AHY pada saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Alasan Demokrat Dukung Prabowo Subianto Dibandingkan Ganjar

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x