Kasus Jual Beli Ginjal, Ternyata Ini Ciri Korban yang Biasanya Diincar Pelaku

Iklan

terkini

Kasus Jual Beli Ginjal, Ternyata Ini Ciri Korban yang Biasanya Diincar Pelaku

, Saturday, July 22, 2023 WIB Last Updated 2023-07-22T05:53:17Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait Tim Gabungan Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Bekasi bongkar kasus sindikat jual-beli ginjal jaringan internasional.

Dikabarkan bahwa Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, sindikat mengincar kelompok rentan. 

"Hasil pemeriksaan kami bahwa sebagian korban adalah bermotif ekonomi sebagai dampak dari pandemi. Sebagian besar hilang pekerjaaan dan sebagainya," kata Hengki dalam keterangannya, Kamis (20/7/23), dilansir duniaoberita dari Liputan6.

Hengki menyebut, korban terdiri dari berbagai macam latar belakang. Ada yang berprofesi sebagai pedagang, guru privat, buruh, dan sekuriti. Bahkan calon pendonor ada yang merupakan lulusan S2 dari Universitas ternama.

"Karena tidak ada kerjaan daripada dampak pandemi. Jadi motifnya sebagin besar adalah ekonomi dan posisi rentan dimanfatkan sindikat dan jaringan ini," kata dia.

Menurut Hengki bahwa sindikat merekrut, menampung dan memanfaatkan kelompok rentan dengan tujuan eksploitasi dalam hal jual beli ginjal.

Hengki mengatakan, proses transplantasi ginjal tidak dilakukan di Indonesia tapi di Kamboja. Ada dua 12 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Berita Lainnya di GOOGLE NEWS

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasus Jual Beli Ginjal, Ternyata Ini Ciri Korban yang Biasanya Diincar Pelaku

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x