Ada 3 Gagasan Keadilan dari Anies Baswedan

Iklan

terkini

Ada 3 Gagasan Keadilan dari Anies Baswedan

, Tuesday, July 25, 2023 WIB Last Updated 2023-07-25T11:56:41Z
DUNIAOBERITA.COM - Bakal Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2024 Anies Baswedan menilai bahwa jika ingin membicarakan Indonesia yang maju dan adil di masa depan, perlu fokus untuk meningkatkan kualitas manusianya. 

Anies mendorong tiga gagasan keadilan untuk menghadirkan kesempatan yang sama bagi generasi masa depan.

Pertama, keadilan pemenuhan gizi dengan pendekatan kerja kolekttif semua eleman negara, tidak bisa hanya sekadar programatik. 

Peran negara bukan sekadar menjadi administrator melainkan mengorkestrasi kolaborasi dengan semua elemen. 

“Ikhtiar ini sudah kami jalankan di Jakarta dengan Kartu Anak Jakarta (KAJ) yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Pendekatan yang kami lakukan tak hanya berhenti pada bantuan sosial, melainkan melalui kolaborasi memenuhi kebutuhan gizi anak. Bersyukur upaya meningkatkan gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan Untuk Anak Sekolah (PMTAS) yang kami lakukan berhasil menjangkau 200 ribu pelajar, khususnya di perkampungan pra-sejahtera.”

Menurutnya, negara ini menghadapi dua titik ekstrem kesehatan anak-anak. Di satu sisi angka stunting tinggi, di sisi lain obesitas menjadi momok bagi anak negeri ini. 

“Kondisi itu jadi cermin buram belum tergelarnya keadilan gizi pada anak. Maka, tugas negara adalah memastikan setiap anak berhak dan mudah mendapatkan akses gizi yang seimbang,” tegasnya. 

Kedua, keadilan pendidikan untuk semua. Pendidikan adalah kunci untuk mengembangkan kualitas manusia Indonesia, eskalator sosial ekonomi bagi jutaan anak di tiap wilayah negeri ini. 

"Kerap kali kita menganggap ‘luar biasa’ ketika seorang anak dari sudut negeri ini mencapai pendidikan tinggi. Kita perlu mengubah hal yang ‘luar biasa’ itu menjadi ‘lumrah’. Mewujudkan kenormalan baru bahwa di mana pun lahirnya, dari mana pun asalnya, anak itu layak dan normal mendapatkan pendidikan tertinggi," kata Anies Baswedan.

Ketiga, keadilan perlindungan untuk anak. 

Anies menegaskan bahwa rasa aman merupakan hak dasar dan utama, semua anak berhak dipenuhi haknya mendapatkan rasa aman. 

"Sayangnya, lingkungan dan institusi pendidikan kita belum menjadi ruang yang aman bagi anak. Mimpi Ki Hadjar Dewantara menjadikan sekolah layaknya taman bermain yang membahagiakan anak-anak ternodai dengan banyaknya kasus kekerasan dan perundungan di sekolah."

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ada 3 Gagasan Keadilan dari Anies Baswedan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x