Jawaban Tegas Mahfud MD Soal Masuk 3 Besar Cawapres Kalangan NU

Iklan

terkini

Jawaban Tegas Mahfud MD Soal Masuk 3 Besar Cawapres Kalangan NU

, Wednesday, June 07, 2023 WIB Last Updated 2023-06-07T02:57:41Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait penantian Cawapres untuk pilpres 2024 semakin menguat. Banyak survei yang yang sudah menentukan sosok yang berpotensi menjadi Calon Wakil Presiden 2024. 




Dilansir dari detiknews, salah satu sosok yang paling berpotensi adalah Menko Polhukam Mahfud Md masuk dalam tiga besar bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari kalangan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur (Jatim) versi Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI). Mahfud merespons hasil survei tersebut.

"Survei itu berlaku pada rentang waktu survei. Kalau survei di waktu yang berbeda bisa saja hasil survei berbeda. Kita lihat saja perkembangannya," kata Mahfud saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (6/6/23).

Mahfud menuturkan penentuan capres dan cawapres adalah wewenang parpol koalisi. Dia mengatakan penentuan capres dan cawapres juga tidak semata-mata berdasarkan hasil survei.

"Harus diingat, yang menentukan pasangan capres atau cawapres itu adalah parpol atau koalisi parpol. Parpol menentukan nama pasangan bukan semata-mata berdasar hasil survei. Masih ada soal kapabilitas, integritas, dan lain-lain berdasar track record," ujarnya.

Survei ASI

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei bakal cawapres dari tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Hasilnya, Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gubermur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dan Menko Polhukam Mahfud masuk dalam tiga besar.

Survei yang dilakukan ASI ini bertema 'Preferensi Suara NU dan Peta Elektoral Pilpres 2024 di Provinsi Jawa Timur'. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 15-22 Mei 2023 di Jawa Timur.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Responden berjumlah 800 orang dengan margin of error plus minus 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei ini adalah warga Jawa Timur berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Survei dilakukan dengan cara wawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.

"Terkait elektabilitas empat kandidat Cawapres NU dari Jawa Timur, berikut ini urutannya: Abdul Muhaimin Iskandar 26,8%, Khofifah Indar Parawansa 26,2%, Mahfud Md 19% dan Ali Masykur Musa 13%. Sementara 15% mengaku tidak tahu/tidak jawab," kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif'an di Sofyan Hotel, Jalan Cut Mutia, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Ali mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi Cak Imin banyak dipilih responden. Dia mengatakan Cak Imin sudah mengasosiasikan diri sebagai bakal cawapres.

"Sementara Cak Imin terus melakukan konsolidasi dan mengasosiasikan diri sebagai bakal calon wakil presiden dari tokoh NU," ujarnya.


Hasil Survei

Berikut hasil survei saat responden diberikan pertanyaan 'Di antara tokoh NU dari Jawa Timur di bawah ini, jika menjadi Cawapres 2024, siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih?':

1. Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin): 26,8%
2. Khofifah Indar Parawansa: 26,2%
3. Mahfud Md: 19%
4. Ali Masykur Musa: 13%
TT/TJ: 15,0%

ASI juga merilis hasil survei soal tokoh dan kiai NU yang pilihan politiknya diikuti. Berikut hasilnya:

1. KH Ahmad Bahaudin Nursalim (Gus Baha): 24,1%
2. KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus): 15,6%
3. KH Ali Masykur Musa: 12,4%
4. KH Muhammad Luthfi bin Yahya (Habib Luthfi): 11,9%
5. KH Yahya Cholil Staquf: 6%
6. KH Said Aqil Siradj: 4,3%
7. KH Marsudi Syuhud: 3%
TT/TJ: 14,7%

YUK❗ BACA BERITA MENARIK LAINNYA DARI DUNIAOBERITA.COM DI GOOGLE NEWS

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jawaban Tegas Mahfud MD Soal Masuk 3 Besar Cawapres Kalangan NU

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x