Politikus PDIP Sebut Presiden Jokowi Tidak Tegas

Iklan

terkini

Politikus PDIP Sebut Presiden Jokowi Tidak Tegas

, Monday, February 28, 2022 WIB Last Updated 2022-02-28T02:59:15Z

Kabar mengejutkan datang dari seorang Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyesalkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak tegas dalam menyikapi invasi Rusia ke Ukraina.

Dikabarkan bahwa  beberapa waktu lalu Jokowi sempat menyerukan setop perang status saat hari pertama Rusia menginvasi Ukaraina melalui akun Twitter pribadinya @Jokowi tanpa menjelaskan lebih detail dalam cuitan tersebut.

"Kita juga prihatin melihat Presiden dan Kemlu tidak tegas ya," kata Effendi kepada Kompas TV, Senin (28/2/2022).

Politikus PDIP itu mendesak agar Kepala Negara mengambil langkah tegas dalam menanggapi keputusan Rusia menyerang Ukraina karena itu merupakan perbuatan yang melanggar hukum.

"Karena itu kan menginvasi negara yang berdaulat kan sudah pelanggaran hukum internasional. Bagaimanapun kita harus menentukan ketidak setujuannya," ujar dia.

Menurut dia, bila Presiden Jokowi tak tegas dalam menyikapi invasi tersebut akan membuat nama Indonesia tercoreng di mata dunia internasional.

"Kalau terjadi ke Indonesia kan akan sangat dirugikan kalau sikap yang tidak punya ketegasan seperti itu. Karena ini kan menginvasi negara yang berdaulat, enggak bisa dibenarkan itu," ujarnya.

Meski begitu, ia menilai Presiden Jokowi telah membuat pernyataan bahwa dirinya menolak peperangan yang terjadi di belahan dunia manapun.

"Lepas dari itu sebenarnya Presiden dalam sikapnya bahwa kita tidak mentolerir untuk operasi militer dan negara ke negara lain yang berdaulat dengan alasan apapun. Harusnya kita ada sikap yang jelas," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyuarakan agar perang dihentikan.

Jokowi mengatakan, perang bakal menyengsarakan manusia dan membahayakan dunia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi lewat akun Twitter seperti dikutip KOMPAS.TV, Kamis (24/2/2022).

"Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia," tulis Jokowi.(kompas)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Politikus PDIP Sebut Presiden Jokowi Tidak Tegas

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x