Skip to main content

DETIK-DETIK MENJELANG REFORMASI II


Oleh: Saiful Huda Ems.

Pak Mahfud MD dan Ko Ahok sudah resmi mengundurkan diri dari Menko Polhukam dan Komut Pertamina, bagaimana dengan Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, Bu Retno, Pak Yasonna H. Laoly, Pak Budi Gunadi dll.? Kapan mengundurkan diri Pak, Bu, biar semakin jelas pergerakan Gelombang Reformasi II nya?...

Kampus UGM, UII, UI, UMY, UNPAD dll. sudah bersuara secara tegas menolak pembantaian demokrasi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, bagaimana dengan kampus-kampus lainnya, kapan bersuara menunjukkan ketegasan moral, intelektualnya?.

Situasi saat ini sudah nyaris menyamai dengan peristiwa detik-detik kejatuhan Rezim Soeharto, para pejabat negara dan masyarakat kelas menengah sudah mulai mengepalkan tangan juangnya untuk memberi perlawanan pada Rezim Dinasti Politik Jokowi. 

Harapan saya, gelombang Reformasi Indonesia II ini, dapat berlangsung dengan baik dan lancar tanpa ada lagi tindak kekerasan seperti yang terjadi di Boyolali dan Wonogiri baru-baru ini. Peristiwa Kerusuhan 1997 dan 1998, sudah cukup kita jadikan pelajaran agar penguasa tidak semakin congkak dan sewenang-wenang.

Jikalau rakyat sudah tidak suka, penguasa harus tau diri dan jangan malah menantangnya, sebab jika rakyat sudah marah dan turun ke jalan, tiada kekuatan apapun yang dapat menghentikannya, kecuali atas kehendak Tuhan ! Pikirkan hal ini Pak Presiden !...(SHE).

2 Februari 2024.

Saiful Huda Ems (SHE). Lawyer dan Pengamat Politik, Aktivis '98.