SBY soal Ancaman Chaos Politik Terkait Proporsional Tertutup, Ketua Komisi II DPR Berikan Jawaban Tegas

Iklan

terkini

SBY soal Ancaman Chaos Politik Terkait Proporsional Tertutup, Ketua Komisi II DPR Berikan Jawaban Tegas

, Tuesday, May 30, 2023 WIB Last Updated 2023-05-30T10:19:49Z
DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyebut situasi politik yang tak kondusif seperti yang ditakuti Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa saja terjadi jika Mahkamah Konstitusi (MK) benar akan mengubah sistem pemilu menjadi proporsional tertutup alias coblos partai di Pemilu 2024.

Doli menyampaikan demikian dalam merespons pernyataan Denny Indrayana yang mengaku mendapat bocoran kalau MK akan mengabulkan gugatan tersebut.

"Kalau pak SBY kan katanya chaos, ya bisa jadi gitu. Tapi paling tidak kalaupun tidak terjadi chaos, energi yang selama ini sudah kita buang selama 11 bulan ini itu akan wasting akan sia-sia," kata Doli di kompleks parlemen, Senin (29/5).

Doli pun menyoroti jika MK betul akan memutuskan demikian, maka menurutnya tahapan Pemilu 2024 akan dimulai dari awal lagi. Ia menilai putusan itu tidak hanya berdampak terhadap partai politik saja, melainkan kepada persiapan pemilu juga dan hal itu akan menimbulkan masalah baru di kemudian harinya.

"Kan berbeda, masa kan nanti berbeda kertas suaranya, enggak ada nama calon segala macam. Nah, kita enggak tahu, belum lagi dampak dari putusan itu," ujarnya.

Ia pun menerangkan jika MK benar akan memutus mengembalikan sistem pemilu jadi coblos partai, Partai Golkar mempertimbangkan akan mengambil langkah selanjutnya, baik secara politik maupun hukum.

"Kami bersama dengan tujuh partai, Golkar lah ya bersama dengan tujuh partai politik yang lain, ya akan mengambil langkah-langkah. Ya mungkin langkah politik atau langkah hukum lagi," ucap dia.

Kendati begitu, Doli optimistis hakim konstitusi akan memutus perkara itu secara objektif. Menurutnya, MK harus melihat putusan terdahulunya yang memutuskan sistem pemilu proporsional terbuka. Selain itu, Doli juga kembali menekankan bahwa tahapan Pemilu 2024 kini sudah berjalan setengahnya.

"Kan munculnya gugatan atau judicial review itu kan sudah pada saat memasuki tahapan. Kita kan 14 Juni kemarin itu sudah mulai tahapan, 20 bulan. Nah, sampai sekarang sudah berjalan 11,5 bulan ya," pungkasnya. (duniaoberita/CNN Indonesia)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SBY soal Ancaman Chaos Politik Terkait Proporsional Tertutup, Ketua Komisi II DPR Berikan Jawaban Tegas

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x