Anies Baswedan Respon Tegas Soal Polemik Sistem Proporsioanal Tertutup

Iklan

terkini

Anies Baswedan Respon Tegas Soal Polemik Sistem Proporsioanal Tertutup

, Wednesday, May 31, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T06:44:38Z

DUNIAOBERITA.COM - Kabar terkait sosok. Anies Baswedan turut menanggapi isu Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sistem pemilu ke proporsional tertutup.

Menurutnya, Indonesia akan kembali ke era pra-reformasi apabila MK memutuskan pemilu kembali ke sistem proporsional tertutup atau coblos partai.

"Kalau ini menjadi tertutup, kita kembali ke era pra-reformasi, di mana calon legislatif ditentukan partai. Rakyat tidak bisa ikut menentukan orangnya, sebuah kemunduran bagi demokrasi kita," kata Anies di Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023).

Anies mengatakan bahwa sistem proporsional terbuka merupakan indikator kekuasaan berada  di tangan rakyat. Oleh karena itu, ia berharap sistem proporsional terbuka tidak diubah ke sistem proporsional tertutup.

"Jangan sampai dihapus, karena itu lah indikator bahwa kekuasaan ada di tangan (rakyat), gitu ya," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa rakyat Indonesia harusnya bersyukur karena Indonesia semakin maju dengan menerapkan sistem pemilu terbuka.

"Sehingga rakyat punya kesempatan menentukan siapa orang yang menjadi pilihannya, yang menjadi kepercayaannya untuk mewakili, itu lah sebabnya proporsional terbuka ini menggambarkan kemajuan demokrasi kita," pungkasnya. (duniaoberita/Jitunews)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anies Baswedan Respon Tegas Soal Polemik Sistem Proporsioanal Tertutup

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x