Sering Lewat Tapi Belum Tahu, Ternyata Ini Kepanjangan Jalan Tol

Iklan

terkini

Sering Lewat Tapi Belum Tahu, Ternyata Ini Kepanjangan Jalan Tol

, Saturday, December 03, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T04:06:22Z
Setiap pengguna jalan khususnya yang membawa kendaraan roda empat pasti pernah melewati yang namanya jalan tol. Tapi tahu nggak apa arti dari jalan tol serta kepanjangannya? 

Jalan tol kerap digunakan para pengemudi untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanannya.

Sebab jalan tol dinilai sebagai jalan tanpa hambatan semisal lampu merah hingga aktivitas lain seperti kendaraan putar balik atau pejalan kaki menyeberang.

Foto : Ilustrasi Jalan Tol

Namun istilah itu bukan arti jalan tol yang sebenarnya, sebab di negara lain seperti Rusia atau benua Eropa terdapat jalan bebas hambatan bernama Freeway atau Expressway yang bisa diakses tanpa pungutan biaya.

Lalu apa arti jalan tol yang sebenarnya dan sejak kapan istilah ini mulai digunakan di Indonesia?

"Penggunaan istilah "tol" di Indonesia kurang kami ketahui karena ini soal sejarah," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga saat dihubungi GridOto.com beberapa waktu lalu.

Sementara dilansir dari detik dan dikutip dari laman resmi Daihatsu, Sabtu (3/12/2022), tol sebenarnya singkatan dari tax on location. Ini yang jadi dasar mengapa pengendara dikenakan sejumlah tarif saat melintasi atau menggunakan jalan tol. Tarifnya juga akan tergantung sesuai dengan jalan tol yang diakses atau jarak tempuh yang digunakan setiap pengendara.

Sementara itu, melansir dari situs bpjt.pu.go.id, dikatakan sejarah jalan tol di Indonesia dimulai pada tahun 1978 dengan dioperasikannya Tol Jagorawi dengan panjang 59 km (termasuk jalan akses), yang menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sering Lewat Tapi Belum Tahu, Ternyata Ini Kepanjangan Jalan Tol

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x