Menpan-RB Khawatir Kurangi Kesempatan "Fresh Graduate" Jadi ASN, Terungkap Alasannya

Iklan

terkini

Menpan-RB Khawatir Kurangi Kesempatan "Fresh Graduate" Jadi ASN, Terungkap Alasannya

, Thursday, September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T05:23:07Z

Kabar terbaru terkait sosok Menpan-RB Abdullah Azwar Anas yang mengungkapkan bahwa tenaga honorer terus bermunculan dalam tatanan pegawai pemerintahan.

Dikabarkan bahwa dalam sambutannya usai penandatanganan Keputusan Bersama tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024, Azwar Anas mengatakan, banyak tenaga honorer yang ingin diangkat menjadi ASN.

Hal itu menjadi kekhawatiran baginya karena akan mengurangi kesempatan para fresh graduate atau lulusan baru untuk menjadi ASN.

"Ke depan ini kita menghadapi perlu adanya akselerasi, transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang berkelas dunia. Kita juga hadapi dilema ini. Di satu sisi, kita mendorong supaya ASN bersaing, melayani di era disrupsi dan lain-lain," kata Azwar Anas, sebagaimana ditayangkan YouTube Kementerian PAN RB, Kamis (22/9/2022).

"Tapi, di sisi lain, gelembung-gelembung honorer terus tumbuh. Ada yang honorer memang kualitasnya bagus di berbagai daerah. Tapi, ada honorer yang direkrut dengan berbagai macam cara yang kemudian minta diangkat ASN," ujarnya lagi.

Menurut Azwar Anas, jika hal tersebut terjadi terus-menerus akan menjadi tantangan bagi pemerintah.

Sebab, setiap tahunnya juga ada para fresh graduate dari perguruan tinggi sekitar 1 juta orang yang mencari pekerjaan.

"Jangan-jangan, kalau honorer terus diangkat ini jadi republik honorer. Karena fresh graduate yang pertahun rata-rata hampir 1 juga anak yang lulus tidak akan mendapatkan tempat. Tentu ini jadi tantangan kita semua," katanya. (duniaoberita-Sumber : Kompas)

Foto : Menpan-RB/Capture 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Menpan-RB Khawatir Kurangi Kesempatan "Fresh Graduate" Jadi ASN, Terungkap Alasannya

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x