Presiden Joko Widodo Panggil Gubernur Sumatera Utara di ke Istana

Iklan

terkini

Presiden Joko Widodo Panggil Gubernur Sumatera Utara di ke Istana

, Monday, July 11, 2022 WIB Last Updated 2022-07-11T11:37:31Z

Kabar terbaru terkait Presiden Joko Widodo memanggil Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi ke Istana Kepresidenan Jakarta, untuk membahas masalah agraria di Sumatera Utara.

"Hari ini kita rapat terbatas tentang agraria, tentang pertanahan, di Sumatera Utara. Saya Gubernur Sumatera Utara diperintahkan Presiden untuk melaporkan kondisi agraria, dengan menteri terkait, untuk melakukan percepatan penyelesaian tentang pertanahan di Sumatera Utara," jelas Gubsu Edy usai mengikuti rapat terbatas di Jakarta dilansir ANTARA, Senin, 11 Juli.

Dikabarkan bahwa Gubsu Edy menyampaikan, Sumatera Utara penuh dengan perkebunan serta pertanahan, yang memiliki banyak persoalan yang harus diluruskan.

 Dia mengungkapkan, pemanggilan dirinya ke Istana lantaran Presiden menginginkan masukan dari pemerintah provinsi terkait penyelesaian persoalan agraria di Sumatera Utara.

"Presiden (telah) berkunjung ke Sumatera Utara, menanyakan, melihat, sehingga beliau perlu masukan yang pasti. Nah inilah saya dipanggil," jelas Gubsu Edy.

Jumlah lahan yang masih menyisakan persoalan di Sumatera Utara menurutnya mencapai ribuan hektar, di antaranya tanah Hak Guna Usaha (HGU) serta tanah bekas HGU.

Gubsu Edy menekankan pembahasan masalah agraria di Sumatera Utara, dilakukan untuk menguntungkan semua pihak, sebab masyarakat membutuhkan kepastian tentang lahan yang digunakannya.

"Ada yang untuk masyarakat, ini kan butuh kepastian. Ini kan berbicara masalah hukum. Dia harus berkeadilan, harus mempunyai kepastian untuk rakyat, serta harus bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk mafia-mafia yang mengambil suatu kesempatan dalam kesempitan," terangnya.

Gubsu Edy mengungkapkan, dalam rapat terbatas diputuskan akan dibentuk sebuah tim untuk menyelesaikan masalah agraria di Sumatera Utara, yang akan mempelajari tentang kemungkinan pemberian sertifikat lahan kepada masyarakat guna memberikan kepastian hukum. (duniaoberita- source : VOI)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Joko Widodo Panggil Gubernur Sumatera Utara di ke Istana

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x